Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Pandapotan, Immanuel Mangiring
Subject
Manajemen Pemasaran
Datestamp
2023-09-25 08:16:21
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara
harga produk, kualitas produk, dan kualitas pelayanan dengan keputusan
pembelian konsumen pada Toko Fisik. Strategi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah strategi asosiatif. Adapun metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi dalam penelitian
ini adalah 180 konsumen yang melakukan pembelian produk di Toko Fisik.
Jumlah sampel berdasarkan rumus slovin diperoleh 65 orang. Perhitungan
statistik dimulai dari uji kualitas data (validitas dan reliabilitas). Metode analisis
data yang digunakan adalah analisis Koefisien Korelasi Parsial, analisis
Koefisien Korelasi Berganda dan Pengujian Hipotesis (parsial dan simultan).
Hasil penelitian menunjukkan, hubungan harga produk dengan
keputusan pembelian konsumen ditunjukkan oleh nilai korelasi parsial X1
terhadap Y (ry1.23) sebesar 0,585, yang masuk dalam kategori sedang denganP-
value sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) yang berarti secara parsial terdapat
hubungan positif yang signifikan antara harga produk dengan keputusan
pembelian konsumen. Hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian
konsumen ditunjukkan oleh nilai korelasi parsial X2 dan Y (ry2.13) sebesar 0,377,
yang masuk dalam kategori rendah dengan P-value sebesar 0,002 (0,002 <
0,05)yang berarti secara parsial terdapat hubungan positif yang signifikan antara
kualitas produk dengan keputusan pembelian konsumen. Hubungan kualitas
pelayanan dengan keputusan pembelian konsumen ditunjukkan oleh nilai
korelasi parsial X3 dan Y (ry3.12) sebesar 0,295, yang masuk dalam kategori
rendahdengan P-value sebesar 0,019 (0,019 < 0,05) yang berarti secara parsial
terdapat hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan
keputusan pembelian konsumen. Hubungan harga produk, kualitas produk dan
kualitas pelayanan dengan keputusan pembelian konsumen diperoleh nilai
koefisien korelasi simultan antara variabel X1, X2 dan X3 dengan Y sebesar
0,804, yang masuk dalam kategori kuat dengansignificance F sebesar 0,000 <
0,05 yang berarti secara simultan terdapat hubungan positif yang signifikan
antara harga produk, kualitas produk dan kualitas pelayanan dengan keputusan
pembelian konsumen.