DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KEBIJAKAN INVESTASI, KEBIJAKAN DIVIDEN, LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Pertiwi, Ayu Gina
Subject
Manajemen Keuangan 
Datestamp
2020-12-22 06:27:25 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan investasi, kebijakan dividen, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dari penelitian ini adalah Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 14 Perusahaan Makanan dan Minuman, sehingga total observasi data penelitian ini adalah sebanyak 70 observasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder. Metoda pengumpulan data menggunakan dokumentasi melalui situs resmi IDX. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi data panel dengan alat bantu aplikasi E-Views 10. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R-Squared) dijelaskan bahwa kebijakan investasi, kebijakan dividen, leverage, profitabilitas, dan ukuran perusahaan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan sebesar 97,85% dan sisanya yaitu 2,15% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan investasi (yang diukur dengan growth in fixed asset) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen (yang diukur dengan dividen yield) berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, leverage (yang diukur dengan debt to equity ratio) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas (yang diukur dengan return on asset) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan (yang diukur dengan ln total aset) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta