DETAIL DOCUMENT
PENGARUH EWOM, KEPERCAYAAN ONLINE, DAN KENYAMANAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Toko Online Bukalapak)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Anggrayeni, Dwi
Ramadity, Muhammad
Subject
Manajemen Pemasaran 
Datestamp
2020-12-07 13:48:12 
Abstract :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah EWOM, Kepercayaan Online, Dan Kenyamanan Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian pada toko online Bukalapak secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitaif, yang diukur dengan menggunakan metoda Penelitian dilakukan di PT. Intigarmindo Persada Jakarta Pusat dengan sampel sebanyak 139 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang merupakan cara pengambilan sampel melalui penetapan ciri-ciri sesuai dengan tujuan. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer yaitu data yang diperoleh dari responden melalui kuesioner, kelompok fokus, dan panel atau juga data hasil wawancara peneliti dengan nara sumber. Dalam pengiriman kuesioner penelitian ini menggunakan Google Form. Metoda statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan aplikasi IBM Statistic SPSS v.24. Hasil dari penelitian ini secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara EWOM terhadap keputusan pembelian, dan kepercayaan online terhadap keputusan pembellian. Tetapi tidak terdapat pengaruh antara kenyamanan pembelian terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, menunjukkan bahwa 53,1% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel EWOM, kepercayaan online, dan kenyamanan pembelian. Sedangkan sisanya sebesar 46,9% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta