DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DENGAN METODA IMPORTANCE PERFOMANCE ANALYSIS (IPA) PADA BUS TRANSJAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Herawati, Herawati
Subject
Manajemen SDM 
Datestamp
2022-11-22 03:13:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, menilai 5 dimensi kualitas pelayanan dilihat dari kinerja dan kepentingan dengan menggunakan metoda Importance Perfomance Analysis (IPA) pada bus Transjakarta. Penelitian ini menggunakan metoda kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Non Proportional Random Sampling dengan tipe sampling Cluster Random Sampling, yaitu pengambilan sampel yang diambil berdasarkan wilayah. Peneliti menggunakan 10 halte transjakarta dari 5 wilayah Jakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini berdasarkan persentase rata-rata pada kinerja yaitu sebesar 3.45 yang berarti baik. Kemudian kenyataan sebesar 3.41 yang berarti juga baik. Adapun atribut yang harus ditingkatkan adalah kuadran A, pada pernyataan nomer 3 dan 7, yaitu dimensi tangible pernyataan nomer 3, kualitas fasilitas ruang tunggu. Dimensi responsiveness pernyataan nomer 7, pelayanan petugas yang ramah. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta