DETAIL DOCUMENT
PENGARUH ORIENTASI IDEALISME, ORIENTASI RELATIVISME, DAN TINGKAT PENGETAHUAN ETIKA TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA ATAS PERILAKU TIDAK ETIS AKUNTAN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
AL-HADI, HADI
Subject
HB Economic Theory 
Datestamp
2020-08-27 02:36:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji, mendapatkan bukti empiris apakah pengaruh orientasi idealisme, orientasi relativisme dan tingkat pengetahuan etika terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Dengan adanya penelitian ini maka mahasiswa sebagai calon profesional dalam bidang akuntansi, dapat memahami dan mengetahui mengenai etika profesional serta pembuatan keputusan etis. Sehingga nantinya ketika mereka terjun ke lapangan baik sebagai akuntan perusahaan maupun akuntan publik, mereka tidak akan mengulangi kesalahan-kesalahan yang sama yang menyebabkan kredibilitas akuntansi menjadi diragukan. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian kausalitas dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh mahasiswa akuntansi STEI Indonesia angkatan 2015 dan keatas yang sudah mengambil mata kuliah etika profesi dan audit 2. Teknik penentuan sampel berdasarkan porposive sampling dengan jumlah sampel 150 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil hipotesis penelitian membuktikan bahwa (1) Orientasi idealisme tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Hal ini dikarenakan thitung lebih kecil ttabel (0.313<1.656) atau dilihat dari nilai signifikansi 0.755>0.05. (2) Orientasi relativisme tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan. Hal ini dikarenakan t hitung lebih kecil ttabel (1.088<1.656) atau dilihat dari nilai signifikansi 0.278>0.05. (3). Tingkat pengetahuan etika tidak berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa atas perilaku tidak etis akuntan Hal ini dikarenakan thitung lebih kecil ttabel (0.280<1.656) atau dilihat dari nilai signifikansi 0.780>0.05. This study aims to examine, obtain empirical evidence whether the influence of idealism orientation, relativism orientation and level of ethical knowledge on student perceptions of accountants' unethical behavior. With this research, students as candidates for professionals in the field of accounting can understand and know about professional ethics and ethical decision-making. So that later when they go into the field both as corporate accountants and public accountants, they will not repeat the same mistakes that cause accounting credibility to be doubted. This study uses a type of causality research with a quantitative approach. The population used in this study were all 2015 accounting students of STEI Indonesia and above who had taken professional ethics and audit courses 2. The sampling technique is based on porposive sampling with a sample of 150 respondents. The data used in this study are primary data. The data analysis model used in this study is multiple linear regression analysis with the help of SPSS version 25. The results of the research hypothesis prove that (1) Orientation of idealism does not affect students 'perceptions of accountants' unethical behavior. This is because the tcount is smaller t table (0.313 <1,656) or seen from the significance value of 0.755> 0.05. (2) The orientation of relativism does not affect students 'perceptions of accountants' unethical behavior. This is because t count is smaller than t table (1088 <1,656) or seen from the significance value of 0.278> 0.05. (3). The level of ethical knowledge has no effect on students' perceptions of accountant's unethical behavior This is because the tcount is smaller t table (0.280 <1,656) or seen from the significance value of 0.780> 0.05. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta