Abstract :
ABSTRAK
Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan
perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi akan meningkatkan kepercayaan pasar
tidak hanya terhadap kinerja perusahan saat ini namun juga pada prospek
perusahaan di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan
adanya pengaruh antara corporate social responsibility, kepemilikan manajerial
dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan baik secara parsial
maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan
pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2018.
Pengambilan keputusan dalam penelitian ini menggunakan regresi data
panel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh secara
parsial antara corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan
nilai signifikansi sebesar 0.000 dan nilai t-statistik hitung sebesar -12.95158,
kepemilikan manajerial secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.4934 dan nilai t-statistik hitung
sebesar 0.700064, kepemilikan institusional secara parsial tidak berpengaruh
terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.4356 dan nilai tstatistik hitung sebesar 0.798483. Secara simultan, corporate social
responsibility, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional
berpengaruh signifikan berterhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi
sebesar 0.032930 dan nilai f statistik sebesar 3.390112.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial,
Kepemilikan Institusional, Nilai Perusahaan
ABSTRACT
Firm value is the investor's perception of the company's success rate.
High corporate value will increase market confidence not only in the company's
current performance but also in the company's future prospects. This research
was conducted to prove the influence between corporate social responsibility,
managerial ownership and institutional ownership on firm value either partially
or simultaneously. This research was conducted at mining companies listed on
the Indonesia Stock Exchange in 2016-2018.
Decision making in this study using panel data regression. Based on the
research results it is known that there is a partial influence between corporate
social responsibility on firm value with a significance value of 0.000 and a
calculated t-statistic value of -12.95158, managerial ownership partially has no
effect on firm value with a significance value of 0.4934 and a t-statistic value.
With a count of 0.700064, institutional ownership partially has no effect on firm
value with a significance value of 0.4356 and the calculated t-statistic value of
0.798483. Simultaneously, corporate social responsibility, managerial
ownership and institutional ownership have a significant effect on firm value
with a significance value of 0.032930 and a statistical f value of 3.390112.
Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Managerial Ownership,
Institutional Ownership, Company Value