Abstract :
Kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga merupakan faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keeratan hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga
dengan keputusan pembelian konsumen di Restoran Sederhana Cabang Rawamangun
Jakarta Timur.
Penelitian ini akan dilaksanakan di Restoran Sederhana Cabang Rawamangun
Jakarta Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan yang telah
menjadi pelanggan Restoran Sederhana Cabang Rawamangun, yang dipilih dengan
teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metoda penelitian yang digunakan
adalah metoda survei dengan pendekatan korelasional. Metoda analisis data yang
digunakan adalah uji koefisien korelasi dan uji hipotesis.
Hasil uji koefisien korelasi parsial antara kualitas produk dengan keputusan
pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan signifikan, diperoleh nilai ry1.23
sebesar 0,406 artinya hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian (kualitas
pelayanan dan harga konstan) adalah sedang dengan hubungan yang bersifat positif
atau searah. Sedangkan hasil uji koefisien korelasi parsial antara kualitas pelayanan
dengan keputusan pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan signifikan,
diperoleh nilai ry2.13 sebesar 0,555 artinya hubungan kualitas pelayanan dengan
keputusan pembelian (kualitas produk dan harga konstan) adalah sedang dengan
hubungan yang bersifat positif atau searah. Dan hasil uji koefisien korelasi parsial
antara harga dengan keputusan pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan
signifikan, diperoleh nilai ry3.12 sebesar 0,166 artinya hubungan harga dengan
keputusan pembelian (kualitas produk dan kualitas pelayanan konstan) adalah sangat
rendah dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.
Adapun hasil uji koefisien korelasi berganda diperoleh nilai ry123 sebesar 0,847,
menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayana dan harga
dengan keputusan pembelian konsumen pada Restoran Sederhana Cabang
Rawamangun adalah sangat kuat dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.
Hasil pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan ? = 5%, menunjukkan
adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayan dan
harga dengan keputusan pembelian.
Product quality, service quality and price is a factor that can influence consumer
purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the relationship
between product quality, service quality and price with consumer purchasing decisions
in Spanish Simplified Branch Rawamangun East Jakarta.
This study will be conducted in Spanish Simplified Branch Rawamangun East
Jakarta. The number of samples in this study were 100 customers who have become
customers Simple Branch Restaurant Rawamangun, chosen by purposive sampling
technique. The method used in this research is a survey method with correlation
approach. The method of data analysis used is the correlation coefficient and
hypothesis testing.
The result of the partial correlation coefficient between the quality of the product
with the purchase decision with ? of 5% is positive and significant, the value of 0.406
means ry1.23 product quality relationships with purchasing decisions (quality of
service and constant prices) is a moderately positive relationship or unidirectional.
While the test results of the partial correlation coefficient between service quality and
purchasing decisions with ? of 5% is positive and significant, the value of 0.555 means
ry2.13 service quality relationships with purchasing decisions (product quality and
constant prices) is a moderately positive relationship or unidirectional. And test results
of partial correlation coefficient between the price of the purchase decision with ? of
5% is positive and significant, the value of 0.166 means ry3.12 price relationships with
purchasing decisions (product quality and service quality constant) is very low with a
positive relationship or unidirectional.
The test results obtained multiple correlation coefficient of 0.847 ry123 value,
showing that the relationship between the quality of products, quality and price with
the ministry of consumer purchasing decisions on Simple Branch Restaurant
Rawamangun is very strong with a relationship that is positive or unidirectional.
Partial results of hypothesis testing and simultaneous with ? = 5%, showed a
significant positive correlation between the quality of products, quality and price
waiter with consumer purchasing decisions.