Abstract :
Promosi digunakan oleh bagian pemasaran sebagai informasi dalam upaya menawarkan
produk-produknya. Oleh karena itu perusahaan perlu menetapkan kebijakan serta media promosi
yang efektif dan efisien sebagai sarana promosinya. Adapun media yang digunakan diantaranya
melalui media periklanan, publisitas, dan promosi penjualan. Setiap perusahaan dapat
menggunakan salah satu variabel tersebut atau mengkombinasikanya. Promosi suatu barang atau
jasa dapat menentukan berhasil atau tidaknya sautu kegiatan penjualan dalam mencapai tujuan
yang telah ditentukan sebelumnya.
Penelitian ini dilakukan di PT. Monysaga Prima yang terletak di JL. Raya Bekasi Km 27,
Pondok Ungu ? Bekasi , dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data promosi
penjualan pada bidang minuman ringan sedangkan sampel ini adalah data dari catatan atas
laporan keuangan pada PT. Monysaga Prima pada tahun 2011-2013. Dengan pertimbangan data
tersebut adalah data mutahir. Adapun alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda serta
uji hipotesis baik secara parsial maupun simultan.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai persamaan Y = 1,236 +
2,059E-7X1 + 2,179X2. Nilai konstanta a = 1,236 berarti, apabila perusahaan tidak mengeluarkan
biaya distribusi dan biaya promosi maka dapat diperkirakan volume penjualan yang diperoleh
sebesar 1,236 Liter. Nilai koefisien b1 = 2,059E-7 berarti, apabila perusahaan menambah biaya
distribusi sebesar Rp 1.000,- maka meningkatkan volume penjualan PT. Monysaga Prima,
sebesar 0,0000002059 Liter. Nilai koefisien b2 = 2,179 berarti, apabila perusahaan menambah
biaya promosi sebesar Rp 1.000,- maka meningkatkan volume penjualan PT. Monysaga Prima,
sebesar 2,179 Liter.
Hasil pengujian hipotesis cara parsial tidak berpengaruh terhadap koefisien secara
statistic tidak signifikan menunjukan bahwa biaya distribusi dan biaya promosi secara statistik
berpengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap volume penjualan. Namun hasil pengujian
terdapat pengaruh dan signifikan biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan
pada PT. Monysaga Prima.