Abstract :
Kepuasan konsumen telah menjadi titik sentral perhatian dalam bisnis dan
manajemen sehingga berbagai literatur yang menyangkut bisnis dan manajemen
organisasi, baik yang bersifat mencari laba ataupun nirlaba menempatkan
kepuasan konsumen sebagai ukuran utama. Untuk itu peneliti ingin mengetahui
hubungan antara harga, kualitas pelayanan dan promosi dengan kepuasan
konsumen pada Minimarket Indomaret Kayujati 8 Jakarta Timur yang telah
diterapkan perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
cara pengambilan sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai
alat pengumpulan datanya dan dengan menggunakan pendekatan korelasional.
Sebanyak 100 responden yaitu konsumen Minimarket Indomaret Kayujati 8
Jakarta Timur untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan
penilaian skala likert. Uji instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan
uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien
korelasi berganda dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan
menggunakan alat bantu SPSS 21.0.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan antara harga (X1), kualitas
pelayanan (X2) dan promosi (X3) dengan kepuasan konsumen (Y) dengan taraf
nyata (?) 5% diperoleh significance F sebesar 0,000, sehingga H0 ditolak atau Ha
diterima karena nilai significance F lebih kecil dari taraf nyata ? = 0,05 atau 0,000
< 0,05. Yang berarti bahwa secara simultan terdapat hubungan antara harga,
kualitas pelayanan dan promosi dengan kepuasan konsumen.
Customer satisfaction has become the central point of attention in business
and management literature pertaining to various business and organizational
management, whether they are for profit or non-profit put customer satisfaction as
the primary measure. To the researchers wanted to know the relationship between
price, service quality and promotion with customer satisfaction at Minimarket
Indomaret Kayujati 8 East Jakarta which has been applied by the company.
The method used in this research is survey method by means of sampling
from a population and using a questionnaire as a data collection tool and by using
correlational approach. A total of 100 respondents, consumers Minimarket
Indomaret Kayujati 8 East Jakarta to be sampled in this study using a Likert scale
assessment. Test research instrument in this study using validity and reliability
test. The analysis method used in this research is to use analysis of partial
correlation coefficients and multiple correlation coefficients and hypothesis
testing and simultaneous partial menggukan SPSS 21.0.
Based on the results of hypothesis testing simultaneously between price
(X1), service quality (X2) and promotion (X3) with customer satisfaction (Y) with
a significance level (?) gained 5% significance F of 0.000, so that H0 refused or Ha
accepted because the value F smaller significance than real level ? = 0.05 or 0.000
< 0.05. Which means that simultaneously there is a relationship between price,
quality of service and promotion with customer satisfaction.