Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas produk,
iklan dan harga dengan minat beli konsumen Shampo clear sachet 10 ml di
kecamatan Johar Baru.
Strategi penelitian yang dilakukan ini adalah strategi asosiatif yaitu
strategi penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel
atau lebih. Dimana penelitian ini bertujuan memberi penjelasan apakah terdapat
hubungan antara variabel X1 (kualitas produk) X2 (iklan) X3 (harga) dengan
variabel Y (Minat beli konsumen). Sedangkan analisis data dilakukan secara
kuantitatif dengan menggunakan metode statistika. Metode yang digunakan dalam
penelitian adalah metode survey sample yaitu teknik pengumpulan dan analisis
data dengan mencari opini atau pendapat dari subjek yang diteliti (responden)
dengan menggunakan kuisioner yang bersifat tertutup. Pendekatan yang
dilakukan adalah pendekatan korelasional, yaitu untuk mengetahui ada atau tidak
nya serta kuat atau lemah nya hubungan antar variabel-variabel yang diteliti.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah adalah
Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dipilih berdasarkan adanya
pertimbangan tertentu. Pertimbangan dalam pengambilan sampel ini adalah
konsumen yang memakai Shampo Clear Sachet di Kecamatan Johar Baru. Jadi,
responden untuk penilaian ini sebanyak 100 responden (kepala keluarga).
Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa secara parsial
(1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara variable kualitas produk
dengan minat beli konsumen, hal ini dibuktikan melalui perolehan P-value < ?
(0,018 < 0,05), (2) Terdapat terdapat hubungan positif yang signifikan antara
variabel iklan dengan minat beli konsumen, hal ini dibuktikan melalui hasil
perolehan P-value < ? (0,001 < 0,05), (3) Terdapat terdapat hubungan positif
yang signifikan antara variabel harga dengan minat beli konsumen, hal ini
dibuktikan melalui hasil P-value < ? (0,000 < 0,05). Sedangkan secara simultan
terdapat hubungan antara kualitas produk, iklan dan harga dengan minat beli
konsumen adalah kuat dengan nilai sebesar 0,702, dengan hubungan yang bersifat
positif atau searah, dalam arti jika kualitas produk, iklan dan harga dapat
diberikan dengan baik, maka minat beli konsumen akan meningkat, dan
sebaliknya.