Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara citra
merek, harga dan kepuasan konsumen dengan kepuasan konsumen pada Purwacaraka
Musik Studio Cabang Cempaka Putih, secara parsial dan simultan. Strategi Penelitian
yang dilakukan ini adalah strategi asosiatif. Metode yang digunakan dalam penelitian
adalah metode survey sample. Populasi dalam penelitian ini adalah murid-murid yang
masih aktif belajar musik di Purwacaraka Musik Studio Cabang Cempaka Putih.
Sampel dalam penelitian ini adalah 100 murid Purwacaraka Musik Studio yang masih
aktif ditahun 2015. Analisis data yang digunakan uji validitas dan reliabilitas, uji
koefisien korelasi parsial dan simultan serta pengujian hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hubungan citra merek dengan kepuasan
pelanggan diperoleh nilai korelasi parsial X1 terhadap Y sebesar 0,384 adalah lemah
dengan hubungan yang bersifat positif atau searah. Hasil uji hipotesis diperoleh P?value variabel X1 sebesar 0,000, lebih kecil dari taraf nyata atau 0,000 < 0,05 sehingga
Ho ditolak atau Ha diterima maka secara parsial terdapat hubungan positif dan
signifikan variabel citra merek dengan kepuasan pelanggan. Hubungan kualitas
pelayanan dengan kepuasan pelanggan diperoleh nilai korelasi parsial X2 terhadap Y
sebesar 0,014 adalah sangat lemah dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.
Hasil uji hipotesis diperoleh P-value variabel X2 sebesar 0,890, lebih besar dari taraf
nyata atau 0,890 > 0,05 sehingga Ho diterima atau Ha ditolak maka secara parsial tidak
terdapat hubungan positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan
pelanggan. Hubungan harga dengan kepuasan pelanggan diperoleh nilai korelasi parsial
X2 terhadap Y sebesar 0,543 adalah cukup kuat dengan hubungan yang bersifat positif
atau searah. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value variabel X3 sebesar 0,000, lebih kecil
dari taraf nyata atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau Ha diterima maka secara
parsial terdapat hubungan positif dan signifikan variabel harga dengan kepuasan
pelanggan. Hubungan citra merek, kualitas pelayanan dan harga dengan Kepuasan
pelanggan diperoleh nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,773 adalah kuat dengan
hubungan yang bersifat positif atau searah. Hasil uji hipotesis diperoleh significance F
sebesar 0,000, lebih kecil dari taraf nyata atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak atau
Ha diterima maka secara simultan terdapat hubungan positif dan signifikan antara citra
merek, kualitas pelayanan dan harga dengan kepuasan pelanggan.