Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Ariyaningsih, Dharma Ariyaningsih
Subject
Manajemen SDM
Datestamp
2023-02-24 04:10:28
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perencanaan mutu,
pengendalian mutu, jaminan mutu dan perbaikan mutu memiliki dengan kepuasan
nasabah pada Bank Tabungan Negara Kantor Cabang Pembantu Cilandak.
Penelitian ini dilakukan di BTN KCP Cilandak yang berlokasi di jalan raya
Cilandak KKO No 12, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sampel penelitian ini
sebanyak 99 orang nasabah, dengan teknik pengambilan data purposive sampling.
Metode yang digunakan adalah metode survey dengan strategi asosiatif. Penelitian
ini menggunakan metode analisis koefisien korelasi parsial dan berganda, serta
pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan.
Nilai koefisien korelasi parsial antara perencanaan mutu dengan kepuasan
nasabah adalah sebesar 0,489 berarti hubungan perencanaan mutu dengan
kepuasan nasabah adalah sedang dan positif (searah). Nilai koefisien korelasi
parsial antara pengendalian mutu dengan kepuasan nasabah sebesar 0,376 berarti
hubungan antara pengendalian mutu dengan kepuasan nasabah adalah lemah dan
positif (searah). Nilai koefisien korelasi parsial antara jaminan mutu dengan
kepuasan nasabah sebesar 0,419 berarti hubungan antara jaminan mutu dengan
kepuasan nasabah adalah sedang dan positif (searah). Nilai koefisien korelasi
parsial antara perbaikan mutu dengan kepuasan nasabah sebesar 0,510 berarti
hubungan antara perbaikan mutu dengan kepuasan nasabah adalah sedang dan
positif (searah). Adapun nilai koefisien korelasi berganda antara perencanaan
mutu, pengendalian mutu, jaminan mutu dan perbaikan mutu dengan kepuasan
nasabah sebesar 0,609 yang artinya hubungan antara perencanaan mutu,
pengendalian mutu, jaminan mutu dan perbaikan mutu dengan kepuasan nasabah
adalah kuat dan positif (searah). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan ?
sebesar 5% terbukti bahwa antara perencanaan mutu, pengendalian mutu, jaminan
mutu dan perbaikan mutu terdapat hubungan yang significance dengan kepuasan
nasabah bank BTN KCP Cilandak yang diuji secara simultan.