Abstract :
PT. Mandiri Tunas Finance perusahaan pengkreditan yang menjalankan
usaha pembiayaan yang bergerak dalam bidang penyediaan dana kendaraan
bermotor yang akan diberikan kepada konsumen. Dengan memberikan
kemudahan prosedur memperoleh pembiayaan leasing dalam memiliki kendaraan
bermotor, maka semakin mendorong bertambahnya permintaan akan pemakaian
jasa pembiayaan leasing. Tujuan Penelitian ini untuk Mengetahui pembiayaan
leasing pada PT. Mandiri Tunas Finance Cabang WTC Mangga Dua selama tahun
2012 dan memahami pengelolaan piutang pada PT. Mandiri Tunas Finance
Cabang WTC Mangga Dua.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode data deskriptif,
merupakan suatu metode atau prosedur pemecahan masalah yang diselidiki
dengan menjelaskan, menggambarkan atau menguraikan keadaan sebenarnya.
Strategi yang akan digunakan adalah menggunakan strategi kulitatif dengan studi
kasus.
Tingkat pembiayaan mobil bekas yang terjadi pada PT. Mandiri Tunas
Finance Cabang WTC Mangga Dua mengalami naik turun setiap bulannya.
Pengelolaan piutang pada PT. Mandiri Tunas Finance Cabang WTC Mangga Dua
sudah efektif sesuai dengan standar operasional perusahaan. Namun ada faktor
lain yang mempengaruhi piutang tertunggak yaitu kelalaian yang dilakukan oleh
sales officer dengan merekayasa data penghasilan calon debitur atau customer
yang sebenarnya tidak layak diberikan berdampak negatif bagi PT. Mandiri Tunas
Finance Cabang WTC Mangga Dua yaitu calon debitur atau costumer tidak
mampu membayar angsuran sehingga menimbulkan piutang yang tertunggak.
PT. Mandiri Tunas Finance is a leasing company which offers funding for
vehicle ownership. With easy procedural policy in funding vehicle ownership,
demand on leasing services will increase. This purposed is research to know
leasing fund on PT. Mandiri Tunas Finance - branch WTC Mangga Dua in the
year 2012 and comprehend the management of account receivable on PT.
Mandiri Tunas Finance - branch WTC Mangga Dua.Research method which will
be use is data descriptive method; where in a method or problem solving by
describing, illustrating, or breaking down the real situation. Strategy which will
be used is qualitative with case study.Funding factor for used car in PT. Mandiri
Tunas Finance - branch WTC Mangga Dua fluctuates every month. Management
for account receivable PT. Mandiri Tunas Finance - branch WTC Mangga Dua is
already effective with company's SOP, but there are other factors causing delay
for account receivable which are neglected sales officer by manipulating data on
debitor's income or customer which might not proper and causing negative effect
for PT. Mandiri Tunas Finance - branch WTC Mangga Dua where in debitor or
customer is unable to pay the instalment which causing delay in the payment of
account receivable.