Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan
kemasan (X1), merek (X2) dan harga (X3) dengan keputusan pembelian (Y)
minuman bersoda Big Cola. Dalam penelitian ini menggunakan data primer
melalui pembelajaran langsung dan sekunder yang diambil dari berbagai sumber
pustaka. Untuk alat analisisnya menggunakan koefisien korelasi parsial dan
berganda serta pengujian hipotesis.
Hasil perhitungan korelasi parsial X1
dengan Y sebesar 0.270, yang berarti
hubungan kemasan dengan keputusan pembelian minuman bersoda Big Cola
adalah lemah dengan hubungan yang bersifat positif atau searah. Nilai korelasi
parsial X 2
dengan Y sebesar 0.443, yang berarti hubungan merek dengan
keputusan pembelian minuman bersoda Big Cola, adalah sedang dengan
hubungan yang bersifat positif atau searah. Nilai korelasi parsial X3
dengan Y
sebesar 0.168, yang berarti hubungan harga dengan keputusan pembelian
minuman bersoda Big Cola adalah sangat lemah dengan hubungan yang bersifat
positif atau searah.
Dari hasil perhitungan koefisien korelasi berganda sebesar 0.736,
menunjukkan pengaruh antara kemasan, merek, dan harga dengan keputusan
pembelian minuman bersoda Big Cola adalah tinggi dengan hubungan yang
bersifat positif atau searah.
Pengujian hipotesis secara parsial dan stimulant dengan a = 5% menunjukan
adanya hubungan yang positif dan signifikan (searah) antara kemasan, merek, dan
harga dengan keputusan pembelian minuman bersoda Big Cola.