Abstract :
ABSTRAK
Tujuan diadakan peneltian ini yaitu untuk mengetahui seberapa erat hubungan
antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan jasa
trasnportasi kereta rel listrik (KRL) Commuter Line. Strategi penelitian yang
digunakan adalah strategi asosiatif. Metode penelitian yang akan digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian survey. Populasi umum dalam penelitian ini adalah
pelanggan jasa trasnportasi kereta rel listrik (KRL) Commuter Line yang bertujuan
dari Bekasi-kota maupun sebaliknya. Sampel yang diambil sebanyak 100 orang
responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
koefisien korelasi parsial dan berganda serta uji hipotesis secara parsial dan
berganda.
Hasil penelitian diperoleh hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas
pelanggan, (kepuasan pelanggan konstan) adalah sedang dengan hasil korelasi r =
0,407. Hubungan kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan (kualitas
pelayanan kosntan) adalah lemah dengan hasil korelasi r = 0,265. Hasil korelasi
berganda menunjukan hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan
pelanggan dengan loyalitas pelanggan adalah sedang dan bersifat positif dengan
hasil korelasi r = 0,448. Hal ini secara bersama-sama, jika pelayanan dapat
diberikan dengan baik dan pelanggan merasakan kepuasan, maka loyalitas
pelanggan akan meningkat, dan begitu juga sebaliknya. Adapun hasil uji hipotesis
secara parsial antara kualitas pelayanan X1 dengan Y terdapat hubungan yang
positif yang ditunjukan di terimanya Ha dan ditolaknya Ho, uji hipotesis variabel
selanjutnya antara kepuasan pelanggan X2 dengan Y yang terbukti memiliki
hubungan postif dengan diterimanya Ha. Uji hipotesis secara simultan terdapat
hubungan positif antara variabel kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan
dengan loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukan dengan diterima nya Ha