Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk
dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan di
d?Besto Mangun Jaya 2, Tambun Selatan. Strategi penelitian yang digunakan
adalah strategi asosiatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
metode survey. Populasi umum dalam penelitian ini adalah pelanggan d?Besto
Mangun Jaya 2, Tambun Selatan. Sampel penelitian sebanyak 120 orang
responden di d?besto Mangun Jaya 2, Tambun Selatan. Analisis data yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel kualitas produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan.
Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan
dan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan tetapi tidak signifikan. Variabel
kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan tetapi tidak
signifikan. Secara gabungan variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan tehadap kepuasan pelanggan. Variabel kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan.