Abstract :
Dalam Pasal 74 UU ayat 1 PT menyebutkan bahwa setiap perseroan yang
menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam
wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bukti empiris mengenai pengaruh pengungkapan CSR
terhadap profitabilitas (ROA) perusahaan. Sampel penelitian diambil secara purposive
sampling, dengan kriteria: (1) Perusahaan pertambangan tersebut terdaftar dalam Bursa
Efek Indonesia tahun 2010 sampai dengan tahun 2012, (2) Perusahaan tersebut
mengungkapkan Annual Report dengan lengkap dari tahun 2010-2012, dan (3)
Perusahaan tersebut mengungkapkan CSR dalam Annual Report dari tahun 2010-2012.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan strategi penelitian yaitu
survey. Dalam pengujian dilakukan dengan menggunakan teknik analisis korelasi,
analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Perhitungan analisis dibantu
menggunakan program komputer (SPSS versi 20.0).
Hasil penelitian dengan uji regresi dan uji hipotesis menunjukkan pengaruh yang
signifikan dan positif. Namun hasil dari analisis korelasi didapatkan hubungan yang
lemah, namun tetap berpengaruh signifikan. Dengan hasil demikian menunjukkan
bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap Profitabilitas (ROA).
In Article 74 paragraph 1 of the Act states that any company PT is conducting its
business activities in the field and / or related to the natural resources required to
carry out social and environmental responsibility. The purpose of this study was to
determine the empirical evidence on the effect of CSR on profitability ( ROA ) of the
company. Samples were taken by purposive sampling, with the following criteria: ( 1 )
the mining company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2010 until 2012, ( 2 )
the Company's Annual Report disclose the complete from 2010-2012, and ( 3 ) the
Company disclose CSR Annual Report of 2010-2012.
This study uses a quantitative approach to research strategies that survey. In
testing done by using correlation analysis, simple linear regression analysis and
hypothesis testing. Calculation assisted analysis using a computer program ( SPSS
version 20.0 ).
The results of the study with regression and hypothesis testing showed significant
and positive influence. However, the results obtained from the analysis of correlation
relationship is weak, but still significant effect. With such results show that the
disclosure of corporate social responsibility simultaneously significant effect on
profitability ( ROA ).