Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh biaya
promosi dan biaya distribusi terhadap nilai penjualan produk busana muslim pada
PT. Sessa Gasimandea. Strategi yang digunakan saat melakukan penelitian adalah
asosiatif. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda ex post
facto, yaitu suatu metoda penelitian yang dilakukan untuk mengetahui peristiwa
yang telah terjadi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan
peristiwa tersebut.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data biaya promosi, biaya
distribusi, dan nilai penjualan produk busana muslim pada PT. Sessa
Gasimandea. Sampel dalam penelitian ini diambil denggan menggunakan teknik
purposive sampling. Adapun sampel penelitian ini adalah data biaya promosi,
biaya distribusi, dan nilai penjualan dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2014
dalam bentuk data tahunan. Metoda analisis data yang digunakan adalah analisis
regresi linier berganda dan koefisien determinasi.
Diperoleh persamaan regresi ? = 2563,922 + 25,224X1 + 26,078X2. Nilai
a sebesar 2563,922 mengartikan bahwa tanpa adanya biaya promosi dan biaya
distribusi, maka perkiraan nilai penjualan PT. Sessa Gasimandea sebesar Rp.
2.563.922.000,-. Nilai b1 sebesar 25,224 menunjukkan bahwa pengaruh biaya
promosi pada nilai penjualan bersifat positif, dan hal ini menjelaskan setiap
kenaikan biaya promosi sebesar Rp. 1 juta (dengan asumsi biaya distribusi
konstan) akan menambah nilai penjualan sebanyak Rp. 25.224.000,-. Nilai b2
sebesar 26,078 menunjukkan bahwa pengaruh biaya distribusi pada nilai
penjualan bersifat positif, dan hal ini menjelaskan setiap kenaikan biaya distribusi
sebesar Rp. 1 juta (dengan asumsi biaya promosi kosntan) akan menambah nilai
penjualan sebanyak Rp. 26.078.000,-.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial maupun simultan
menunjukkan biaya promosi dan biaya distribusi secara parsial dan simultan
berpengaruh positif dan signifikan pada nilai penjualan produk busana muslim
pada PT. Sessa Gasimandea.
Kata Kunci : Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Nilai Penjualan