Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas
pelayanan, harga jual, dan promosi penjualan dengan tingkat kepuasan konsumen pada
Warung Pasta Rawamangun Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di Warung Pasta
Rawamangun, Jakarta Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 67
responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional.
Penelitian ini menggunakan alat analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien korelasi
berganda serta pengujian hipotesis secara simultan.
Hasil korelasi parsial untuk variabel kualitas pelayanan dengan tingkat kepuasan
konsumen sebesar 0,464, artinya hubungan kedua variabel tersebut sedang. Untuk
korelasi parsial harga jual dengan tingkat kepuasan konsumen sebesar 0,141, artinya
hubungan antara kerdua variabel tersebut sangat lemah. Korelasi parsial untuk varibel
promosi penjualan dengan tingkat kepuasan konsumen sebesar 0,216, yang artinya
hubungan antara kedua variabel tersebut adalah lemah. Sedangkan koefisien korelasi
berganda sebesar 1,000, hal ini menunjukkan hubungan antara kualitas pelayanan, harga
jual, dan promosi penjualan dengan tingkat kepuasan konsumen adalah sangat kuat
dengan hubungan yang bersifat positif atau searah. Artinya bila kualitas pelayanan, harga
jual, serta promosi penjualan yang diberikan baik maka kepuasan konsumen pun akan
baik. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan adanya hubungan positif dan
signifikan antara kualitas pelayanan, harga jual, dan promosi penjualan dengan tingkat
kepuasan konsumen.