Abstract :
PT. Pegadaian (Persero) sebagai lembaga keuangan bukan bank hadir
sebagai institusi penyedia pembiayaan jangka pendek dengan syarat mudah,
dengan tujuan untuk mencegah rakyat kecil yang membutuhkan pinjaman tidak
jatuh ketangan rentenir yang memberikan pinjaman dengan bunga yang sangat
tinggi dan berlipat ganda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem
pemberian kredit pada PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Rawamangun,
prosedur pelunasan kredit, dan kendala yang timbul terkait sistem pemberian
kredit.
Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi penelitian deskriptif,
yaitu metode yang memberikan gambaran secara sistematis atas suatu keadaan
mengenai penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan dengan
mengumpulkan data, menyusun, dan menganalisis data yang kemudian akan
menjawab pertanyaan yang berhubungsn dengan masalah yang diteliti sehingga
sehingga pada akhirnya menarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa PT. Pegadaian
(Persero) Cabang Rawamangun telah menjalankan sistem pemberian kredit sesuai
prosedur dan ketentuan dengan baik, pemberian kredit benar-benar disalurkan
kepada nasabah yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku. PT.
Pegadaian (Persero) Cabang Rawamangun juga telah menerapkan prosedur dan
ketentuan pelunasan kredit dengan baik. Pada PT. Pegadaia (Persero) Cabang
Rawamangun tidak terdapat kendala yang berarti dalam sistem pemberian
kreditnya.