Abstract :
Pajak reklame adalah salah satu dari bagian Pajak Daerah dan mempunyai
peranan penting terhadap Pendapatan Asli Daerah. Pajak Reklame menganut
Official Assessment System karena pemerintah (fiskus) yang menentukan besarnya
pajak terutang oleh wajib pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
jenis-jenis penerimaan pajak reklame, laju pertumbuhan penerimaan pajak
reklame, peran pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Pajak Daerah
tahun 2009 - 2012, dan kendala-kendala dalam pemungutan pajak reklame serta
upaya yang dilakukan oleh Kantor Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa penerimaan reklame
jenis papan/billboard/megatron yang paling banyak penerimaannya di karenakan
nilai sewa reklame jenis papan/billboard/megatron paling besar harganya
dibandingkan dengan reklame jenis kain, berjalan, udara film/slide dan suara.
Laju pertumbuhan penerimaan pajak reklame di Provinsi DKI Jakarta 4 (empat)
tahun terakhir ini yaitu tahun 2009 hingga 2012 adalah sebesar 87,903%. Peranan
pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi DKI Jakarta pada
tahun 2009 ? 2012 rata-rata sebesar 2,040%, dan peran pajak reklame terhadap
pajak daerah Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2009 - 2012 rata-rata sebesar
2,513%. Dan Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh Kantor Dinas Pelayanan
Pajak DKI Jakarta dalam meningkatkan penerimaan pajak reklame adalah
meningkatkan pengawasan pemeriksaan dan penertiban terhadap penyelenggara
reklame, dan melakukan pendataan ulang terhadap wajib pajak lama dan wajib
pajak baru.