Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Kumala, Monica Margaretha
Subject
Manajemen Keuangan
Datestamp
2023-03-01 08:24:42
Abstract :
Kualitas produk dan pelayanan yang baik menjadi hal yang utama bagi PT
Wisata Dewa (Wita Tour), Jakarta. Tingginya persaingan, kemajuan teknologi,
keinginan konsumen yang selalu berubah, dan kondisi perekonomian Indonesia saat ini,
mengharuskan PT Wisata Dewa (Wita Tour), Jakarta meningkatkan strategi bauran
pemasarannya. Walaupun hingga saat ini animo masyarakat masih terbilang tinggi akan
kebutuhan rekreasi wisata, namun dalam dua tahun terakhir, peneliti melihat terjadinya
penurunan jumlah pelanggan yang melakukan pembelian produk wisata di PT Wisata
Dewa (Wita Tour), Jakarta. Peneliti melakukan penelitian mengenai bauran pemasaran
yang diterapkan di PT Wisata Dewa (Wita Tour), Jakarta dan pengaruhnya terhadap
penurunan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deksriptif kualitatif. Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang
(human instrument). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang melakukan
pembelian di Wita Tour, Jakarta pada bulan Mei & Juni 2014 sebanyak 1.226 orang.
Metode sampling yang digunakan yakni nonprobability sampling. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi di lapangan dengan cara mengamati dan terlibat
langsung, untuk mencatat hal-hal, perilaku, perkembangan sewaktu kejadian tersebut
terjadi, wawancara langsung, dan pengumpulan dokumentasi penting yang erat
hubungannya dengan obyek penelitian. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan maupun secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk wisata pada
PT Wisata Dewa (Wita Tour), Jakarta. Selain itu variabel harga merupakan variabel
berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk wisata pada PT
Wisata Dewa (Wita Tour), Jakarta.