Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui factor psikologis yang paling
signifikan dalam pengambilan keputusan pembelian smartphone Samsung Galaxy
pada mahasiswa STEI Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa STEI Indonesia jurusan S1 manajemen, sedangkan sampel penelitian
ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100
responden.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen untuk mendapatkan
informasi dan data berupa kuisioner yang diukur dengan skala likert.
Hasil perhitungan determinasi (R
2
) didapat hasil 0,722 yang artinya 72,2%
keputusan pembelian dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, pembelajaran, dan
memori
Hasil uji hipotesis secara simultan, menunjukan Ho ditolak atau Haditerima artinya
secara simultan terdapat pengaruh positif dari motivasi, persepsi, pembelajaran,
memori terhadapk eputusan pembelian. Sedangkan uji hipotesis secara parsial
menunjukkan terdapat pengaruh motivasi terhadap keputusan pembelian, terdapat
pengaruh persepsi terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh pembelajaran
terhadap keputusan pembelian, terdapat pengaruh memori terhadap keputusan
pembelian.
Kata Kunci : Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Memori dan Keputusan
Pembelian