Abstract :
Dengan adanya otonomi daerah, maka daerah dipacu untuk sedapat
mungkin mencari sumber penerimaan daerah yang dapat mendukung pengeluaran
daerah, salah satunya dengan pajak reklame yang berpotensi dalam memberikan
kontribusi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui target dan realisasi, tingkat efektivitas, kontribusi pajak
reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan upaya serta kendala dalam
meningkatkan penerimaan pajak reklame di Kota Bekasi.
Dari penelitian dan pengolahan data yang telah dilakukan di Dispenda
Kota Bekasi selama tahun 2008 ? 2012, efektifitas penerimaan pajak reklame
mencapai 89,58% yang termasuk dalam kriteria penerimaan pajak reklame tinggi,
kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bekasi
mencapai 4,25% yang termasuk kontribusi pajak reklame dengan kriteria baik.
Kendala yang sangat signifikan terjadi karena adanya kenaikan harga pajak
reklame yang tinggi, sistem dan prosedur pembayaran pajak reklame, minimnya
kesadaran wajib pajak dalam membayar pajak dan kurangnya pengawasan dalam
pelaksanaan pajak reklame. Adapun upaya dalam mengatasi kendala tersebut
adalah dengan menurunkan harga pajak reklame, melakukan sosialisasi di
berbagai media serta memberikan penjelasan tentang sistem dan prosedur
pembayaran pajak reklame, memberikan sanksi tegas terhadap wajib pajak yang
lalai dan lebih meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan penerimaan pajak
reklame.