Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penetapan
target costing sebagai alat bantu dalam memperhitungkan biaya produksi jika
diterapkan pada konveksi Alton. Mengetahui perhitungan harga pokok produksi
gamis dengan pendekatan target costing di konveksi Alton.
Strategi yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif yang berupa studi
studi kasus. Peneliti melakukan pengamatan dan mengumpulkan data secara
langsung di lapangan untuk mendapatkan data yang terkait. Kemudian data akan
dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan dengan standar yang ada dan
akan menghasilkan kesesuaian atau ketidaksesuaian dengan peraturan yang
berlaku. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan
(Library Research) dan Studi Lapangan.
Hasil - hasil analisis mengenai penetapan target costing pada konveksi
Alton adalah dengan cara menentukan target price sebesar Rp 125.000,-
menentukan target profit sebesar 20 % dari target price atau sebesar Rp 25.000,-
penggunaan biaya Target Marketing and selling Expenses sebesar Rp 1.500,-dan
biaya Target General and Administrative Repair sebesar Rp 700,- sehingga
diperoleh Target cost sebesar Rp 97.800,- untuk setiap produksi gamis dengan
total penggunaan biaya produksi untuk 3000 gamis sebesar Rp 293.400.000,-
dengan total penggunaan biaya bahan baku langsung sebesar Rp 241.200.000,-
total penggunaan biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp 29.100.000,- dan total
penggunaan biaya overhead pabrik sebesar Rp 23.100.000,-.