Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara
promosi, harga, dan kualitas produk dengan keputusan pembelian Proyektor Panasonic.
Strategi penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah strategi asosiatif. Adapun
metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana
data diperoleh melalui pendapat atau tanya jawab dari responden baik secara langsung
(wawancara) maupun tidak langsung (kuisioner) dan data yang dikumpulkan adalah
promosi, harga, kualitas produk dan keputusan pembelian yang diberikan untuk
mengetahui peristiwa yang telah terjadi dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat
menimbulkan kejadian tersebut, sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 pembeli
(responden).
Hasil analisis koefisien korelasi parsial didapatkan nilai koefisien korelasi
variabel promosi sebesar 0,33 yang berarti hubungan yang rendah, variabel harga sebesar
0,47 yang berarti hubungan yang sedang atau tidak terlalu kuat, dan variabel kualitas
produk sebesar 0,14 yang berarti hubungan sangat rendah. Hasil analisis koefisien
korelasi berganda didapatkan nilai koefisien korelasi berganda sebesar 0,87 yang
menunjukkan hubungan yang positif dan searah. Adapun hasil perhitungan yang
diperoleh significance F adalah sebesar 0,000 maka nilai significance F < ? (0,000 <
0,05) secara simultan terdapat hubungan positif antara promosi, harga, dan kualitas
produk dengan keputusan pembelian yang berarti secara bersama-sama peningkata atau
penurunan promosi, harga dan kualitas produk akan berdampak pada peningkatan dan
penurunan pembelian Proyektor Panasonic.