Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Cash Conversion
Cycle terhadap Profitabilitas pada PT Semen Gresik, Tbk, PT Indocement
Tunggal Prakarsa, Tbk, dan PT Holcim Indonesia, Tbk. Strategi penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif, yaitu penelitian yang
bertujuan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel atau lebih. Strategi
tersebut dimaksudkan agar dapat memberikan penjelasan mengenai pengaruh
perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap
profitabilitas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Ex Post Facto, yaitu metode
penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan
kemudian merambat ke belakang untuk mengetahui factor-faktor yang dapat
mempengaruhi kejadian tersebut. Metode ini dipilih karena sesuai dengan tujuan
penelitian yang ingin dicapai.
Sampel dalam penelitian ini laporan keuangan tahun 2010-2014
3 (tiga) Perusahaan semen terdiri dari Indocement Tunggal Prakarsa,Tbk (INTP),
Holcim Indonesia,Tbk (SMCB), Semen Gresik Indonesia, Tbk (SMGR), meliputi
data tahunan penjualan, harga pokok penjualan, piutang, hutang, persediaan, dan
laba atas investasi 3 perusahaan yaitu Indocement TunggalPrakarsa,Tbk (INTP),
Holcim Indonesia,Tbk (SMCB), Semen Gresik Indonesia, Tbk (SMGR) tahun
2010-2014. Data ini digunakan untuk menghitung periode piutang, periode
persediaan, periode hutang, dan siklus operasional kas.
Berdasarkan hasil perhitungan, menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat
pengaruh positif dan tidak signifikan antara CCC terhadap profitabilitas pada PT.
Semen Gresik, Tbk, artinya setiap peningkatan CCC mengakibatkan profitabilitas
menurun. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara CCC terhadap
profitabilitas pada PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, artinya setiap
peningkatan CCC dapat mengakibatkan profitabilitas meningkat, (3) Tidak
terdapat pengaruh dan tidak signifikan antara CCC terhadap profitabilitas pada
PT. Holcim Indonesia, Tbk, artinya setiap peningkatan CCC dapat mengakibatkan
profitabilitas menurun.