Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui elemen-elemen yang
membentuk sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada
RS. Setia Mitra dan untuk mengetahui hasil evaluasi serta kendala-kendala yang
timbul dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan
pada RS. Setia Mitra.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif, metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jadi metode penelitian
ini menggambarkan suatu evaluasi terhadap sistem pengelolaan piutang pasien
jaminan asuransi dan perusahaan pada RS. Setia Mitra. Alasan dalam pemilihan
jenis penelitian ini karena peneliti berusaha untuk menggambarkan fenomenafenomena yang terjadi dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi
dan perusahaan sebagai alat untuk mengevaluasi sistem tersebut berdasarkan data
yang diperoleh melalui serangkaian kegiatan bukan melalui pengujian statistik.
Penelitian ini melakukan evaluasi terhadap elemen-elemen yang membentuk
sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan yaitu prosedur
yang dilakukan, bagian-bagian terkait, dokumen yang digunakan, dan catatan
akuntansi yang digunakan serta terhadap kendala-kendala yang timbul dalam sistem
pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan. Hasil evaluasi
menunjukkan bahwa semua prosedur dalam sistem pengelolaan piutang telah
dilakukan dengan cukup baik, untuk evaluasi pada bagian-bagian terkait juga telah
berjalan dengan cukup baik karena adanya pemisahan tugas dan beban kerja, untuk
evaluasi pada dokumen-dokumen yang digunakan telah cukup efektif karena dibuat
rangkap dan bernomor urut, sedangkan untuk catatan akuntansi yang digunakan pun
telah dilakukan dengan baik karena dilakukan secara manual dan komputerisasi
dengan menggunakan program MYOB. Namun masih terdapat beberapa kendala
dalam sistem pengelolaan piutang pasien jaminan asuransi dan perusahaan pada RS.
Setia Mitra.