Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara harga, lokasi, dan
kualitas pelayanan dengan keputusan memilih Supermarket Lotte Mart Bekasi Junction
sebagai tempat berbelanja.Penelitian ini dilakukan di Supermarket Lotte Mart Bekasi
Junction. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 83 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Penelitian ini
menggunakan alat analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien korelasi berganda serta
pengujian hipotesis secara parsial dan simultan.
Hasil korelasi parsial untuk variabel harga dengan keputusan memilih
Supermarket sebesar 0,660, artinya hubungan kedua variabel tersebut kuat. Untuk
korelasi parsial lokasi dengan keputusan memilih Supermarket sebesar 0,670, artinya
hubungan antara kerdua variabel tersebut kuat. Korelasi parsial untuk variabel kualitas
pelayanan dengan keputusan memilih Supermarket sebesar 0,454, yang artinya hubungan
antara kedua variabel tersebut adalah sedang. Sedangkan koefisien korelasi berganda
sebesar 1,000, hal ini menunjukkan hubungan antara harga, lokasi dan kualitas pelayanan
dengan keputusan memilih Supermarket adalah sangat kuat dengan hubungan yang
bersifat positif atau searah. Artinya bila harga, lokasi dan kualitas pelayanan yang
diberikan baik maka keputusan memilih supermarket pun akan baik.
Hasil pengujian hipotesis parsial pertama terdapat hubungan positif antara harga
dengan keputusan memilih Supermarket. Hasil pengujian hipotesis parsial kedua
menunjukkan terdapat hubungan positif antara lokasi dengan keputusan memilih
Supermarket. Hasil pengujian hipotesis parsial ketiga kualitas pelayanan terdapat
hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan keputusan memilih Supermarket.
Sedangkan penguajian hipotesis secara simultan menunjukkan adanya hubungan positif
antara harga, lokasi dan kualitas pelayanan dengan keputusan memilih Supermarket.