Abstract :
Perkembangan teknologi informatika memberikan peluang bagi berbagai jenis
perusahaan sebagai media menyajikan dan menjual produk-produk kepada
konsumen secara langsung di media internet. Setiap situs belanja online
mempunyai brand image yang berbeda didalam internet walaupun mereka
memasarkan produk yang identik yaitu menjual berbagai macam produk.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan brand image
didalama situs belanja online seperti Lazada.co.id, Zalora.co.id dan Rakuten.co.id,
berdasarkan enam faktor yaitu attributes, benefits, cultures, values, personality
dan user.
Data untuk penelitian ini diperoleh dengan cara membagikan kuesioner bagi
responde yang pernah dan sudah melihat dan berbelanja di ketiga situs belanja
online tersebut, beserta melihat brand image dari masing-masing situs belanja
online dari sudut pandang attributes, benefits, cultures, values, personality dan
user. Analisa data menggunakan metode ANOVA untuk menguji perbedaan
Brand Image dari masing situs belanja online.
Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan brand image antara
Lazada.co.id, Zalora.co.id dan Rakuten.co.id terutama dilihat dari attributes,
cultures dan values, tidak pada personality, sementara benefits dan user tidak
layak diuji. Dengan penelitian ini, perusahaan situs belanja online diharapkan
untuk lebih meningkatkan brand image agar bisa memisahkan dirinya dari situs
belanja online yang sejenisnya.