DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN MEREK DAN IKLAN DENGAN PERILAKU KONSUMEN PADA PT. INDOSAT TBK CABANG PEMUDA RAWAMANGUN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta
Author
Surbakti, Edo Wanta
Subject
Manajemen SDM 
Datestamp
2023-03-10 04:52:59 
Abstract :
Merek merupakan salah satu faktor penting dalam kegiatan pemasaran ,karena kegiatan memperkenalkan dan menawarkan suatu produk yang tidak terlepas dari merek yang dihandalkan oleh perusahaan dengan konsumen. Konsumen membandingkan apa yang yang mereka harapkan untuk diterima dengan apa yang benar-benar mereka terima selama tahap sesudah pembelian dan dalam proses pemakaian produk. Dalam mengembangkan program iklan, manager pemasaran harus selalu memulai dengan mengidentifikasi pangsa pasar atau pasar sasaran yang akan dituju dan juga mengidentifikasi motif pembeli. Perusahaan tentunya harus mengadakan pendekatan dengan konsumen agar bisa mewujudkan tujuan utama perusahaan. Hal ini diwujudkan satu diantaranya dengan melakukan iklan yang layak sehingga diharapkan konsumen dapat mengerti dan mengenal tentang iklan yang kita berikan. Oleh karena itu, konsumen mempunyai selera yang berbeda-beda dan apabila pihak manajemen kurang tanggap dalam menyikapi perilaku konsumen, tentunya konsumen akan beralih ke produk perusahaan lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan merek, iklan dengan perilaku konsumen pada PT. Indosat Tbk Cabang Pemuda Rawamangun, (2) Untuk mengetahui seberapa kuat hubungan merek, iklan dengan perilaku konsumen pada PT. Indosat Tbk Cabang Pemuda Rawamangun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel dipilih berdasarkan adanya pertimbangan tertentu. Pertimbangan dalam pengambilan sampel ini adalah konsumen yang menggunakan produk IM3 minimal 1 tahun dan pernah mengunjungi PT. Indosat Tbk minimal 2 kali kunjungan. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa : (1) Nilai koefisien korelasi simultan sebesar 0,581, menunjukkan hubungan antara merek dan iklan dengan perilaku konsumen adalah termasuk dalam hubungan sedang, positif dan searah, artinya jika merek dan iklan dapat menarik perhatian konsumen, maka perilaku konsumen akan berminat untuk menggunakan produk IM3, dan sebaliknya, (2) Secara simultan terdapat hubungan positif yang signifikan merek, iklan dengan perilaku konsumen, hal tersebut diperoleh nilai significance F sebesar 0,000, artinya hipotesis diterima. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta