Abstract :
Corporate Social Responsibility saat ini bukan lagi bersifat sukarela
atau komitmen yang dilakukan perusahaan dalam mempertanggungjawabkan
kegiatan perusahaannya , melainkan bersifat wajib atau menjadi kewajiban
bagi beberapa perusahaan untuk melakukan atau menerapkannya. Suatu
perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi akan melakukan
pengungkapan yang lebih luas sebagai salah satu upaya bahwa perusahaan
berada dalam persaingan yang kuat. Nilai perusahaan adalah organ perusahaan
yang fungsi utamanya adalah member perhatian secara bertanggungjawab atas
pengelolaan perusahaan dalam rangka mencapai maksud dan tujuan
perusahaan. Untuk melaksanakan CSR perusahaan akan mengeluarkan
sejumlah biaya, biaya pada akhirnya akan menjadi beban yang mengurangi
pendapatan sehingga tingkat profit perusahaan akan turun. Akan tetapi dengan
melaksanakan CSR, citra perusahaan akan semakin baik sehingga loyalitas
konsumen makin tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah pengaruh profitabilitas terhadap
pengungkapan CSR, pengaruh nilai perusahaan terhadap pengungkapan CSR,
pengaruh profitabilitas dan nilai perusahaan secara bersama-sama terhadap
pengungkapan CSR. Populasi dan Sampel pada penelitian ini adalah
perusahaan pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonsia
(BEI) pada periode 2011-2012.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan CSR.Nilai perusahaan berpengaruh
signifikan terhadap pengungkapan CSR. Profitabilitas dan Nilai perusahaan
secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan CSR.