DETAIL DOCUMENT
Fungsi Sastra Sebagai Suatu Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Indonesia
Total View This Week0
Institusion
INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO
Author
GUNADIN, Agustinus
Subject
BF Psychology 
Datestamp
2021-10-05 00:26:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan menjelaskan fungsi sastra sebagai suatu upaya pembentukan karakter peserta didik di Indonesia, dan (2) sebagai syarat akademis untuk memperoleh gelar sarjana filsafat setelah mengikuti kuliah filsafat di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero. Metode yang dipakai dalam penelitian ialah deskriptif dan teknis analisis isi. Data penelitian skripsi ini ialah melihat fungsi sastra sebagai suatu upaya pembentukan karakter peserta didik di Indonesia. Penelitian skripsi ini hanya menggunakan data sekunder yang diperoleh dari kajian atas buku-buku khususnya fungsi sastra. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah analisis isi terhadap terhadap sastra dan fungsi sastra untuk pembentukan karakter. Langkah yang ditempuh ialah (1) mengumpulkan dan membaca buku yang bertema tentang sastra dan pembentukan karakter, (2) mempelajari dan menganalisis sastra serta (3) mengaitkan fungsi sastra bagi pembentukan karakter Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa sastra bisa berfungsi untuk pembentukan karakter peserta didik di Indonesia, terimplementasi melalui proses-proses berikut, yakni (1) pengertian sastra dari bahasa Sanskerta dipahami sebagai sarana mengajar, mendidik, mengintruksi seseorang, (2) salah-satu satu fungsi sastra ialah untuk membentuk watak pembaca (peserta didik) (3) pembentukan watak pembaca (peserta didik) harus melewati proses membaca dan merefleksikan sastra dan karya sastra, yakni bahasa dan karakter tokoh yang dituliskan dalam sebuah karya sastra. 
Institution Info

INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO