DETAIL DOCUMENT
Dimensi Etnomusikologi dalam Lagu No Woman No Cry Karya Bob Marley dan Relevansinya Terhadap Perbaikan Persepsi Masyarakat Indonesia Terhadap Musik Reggae
Total View This Week6
Institusion
INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO
Author
KELEN, Yoseph Norbertus Pehan
Subject
M Music 
Datestamp
2021-09-16 04:39:22 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi etnomusikologi yang terkandung dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley dan relevansinya bagi pengubahan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Objek yang diteliti ialah dimensi etnomusikologi yang terkandung dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley. Wujud data berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat dalam lirik lagu No Woman No Cry. Sumber data utama penelitian ini adalah teks lirik lagu No Woman No Cry dan buku No Woman No Cry karya Rita Marley dan Hattie Jones. Sumber data sekunder diperoleh dari kajian terhadap penelitianpenelitian terdahulu, khususnya penelitian sastra dengan tinjauan etnomusikologi. Teknik penelitian data yang digunakan adalah teknik non interaktif, yang meliputi teknik analisis isi (content analysis) terhadap dokumen dan arsip. Langkah yang digunakan dalam teknik content analysis ditempuh dengan (1) membaca dan memahami buku yang berbicara tentang etnomusikologi, musik reggae dan terkhususnya lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No Woman No Cry karya Rita Marley dan Hattie Jones, (2) mengumpulkan dan mempelajari beberapa teori yang relevan dengan tema penelitian, dan (3) mencatat dan menganalisis semua data, berupa kutipan penting yang sesuai dengan permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model mengalir. Teknik ini dimulai dengan penumpulan data, reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah teknik triangualasi data. Triangualasi data dilakukan dengan menggunakan data dari lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No Woman No Cry karya Rita dan Hattie dan didukung oleh beberapa data sekunder yang berkaitan dengan kajian dimensi etnomusikologi dalam musik atau lagu. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, di dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley terdapat tiga dimensi etnomusikologi yang berguna bagi perbaikan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) teks yang berbicara tentang material musik dan lirik lagu, (2) konteks yang menggambarkan kebudayaan tempat lagu itu lahir dan (3) fungsi lagu bagi masyarakat pendukungnya. Ketiga dimensi etnomusikologi dalam lagu No Woman No Cry di atas, menghasilkan empat nilai yang relevan bagi perbaikan bagi persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) musik reggae sebagai hasil ekspresi masyarakat untuk mempertahankan tradisi, (2) musik reggae sebagai musik perlawanan terhadap marginalisasi dan ketidakadilan, (3) musik reggae sebagai musik perdamaian, dan (4) musik reggae sebagai penghibur. 
Institution Info

INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO