Institusion
INSTITUT FILSAFAT DAN TEKNOLOGI KREATIF LEDALERO
Author
KELEN, Yoseph Norbertus Pehan
Subject
M Music
Datestamp
2021-09-16 04:39:22
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dimensi etnomusikologi
yang terkandung dalam lagu No Woman No Cry karya Bob Marley dan relevansinya
bagi pengubahan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Objek
yang diteliti ialah dimensi etnomusikologi yang terkandung dalam lagu No Woman
No Cry karya Bob Marley. Wujud data berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat
dalam lirik lagu No Woman No Cry. Sumber data utama penelitian ini adalah teks
lirik lagu No Woman No Cry dan buku No Woman No Cry karya Rita Marley dan
Hattie Jones. Sumber data sekunder diperoleh dari kajian terhadap penelitianpenelitian
terdahulu, khususnya penelitian sastra dengan tinjauan etnomusikologi.
Teknik penelitian data yang digunakan adalah teknik non interaktif, yang meliputi
teknik analisis isi (content analysis) terhadap dokumen dan arsip. Langkah yang
digunakan dalam teknik content analysis ditempuh dengan (1) membaca dan
memahami buku yang berbicara tentang etnomusikologi, musik reggae dan
terkhususnya lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No
Woman No Cry karya Rita Marley dan Hattie Jones, (2) mengumpulkan dan
mempelajari beberapa teori yang relevan dengan tema penelitian, dan (3) mencatat
dan menganalisis semua data, berupa kutipan penting yang sesuai dengan
permasalahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model
mengalir. Teknik ini dimulai dengan penumpulan data, reduksi data, display data
dan terakhir penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah
teknik triangualasi data. Triangualasi data dilakukan dengan menggunakan data
dari lirik lagu No Woman No Cry yang juga dijelaskan dalam buku No Woman No
Cry karya Rita dan Hattie dan didukung oleh beberapa data sekunder yang berkaitan
dengan kajian dimensi etnomusikologi dalam musik atau lagu.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan, di dalam lagu No Woman No Cry
karya Bob Marley terdapat tiga dimensi etnomusikologi yang berguna bagi
perbaikan persepsi masyarakat Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) teks
yang berbicara tentang material musik dan lirik lagu, (2) konteks yang
menggambarkan kebudayaan tempat lagu itu lahir dan (3) fungsi lagu bagi
masyarakat pendukungnya.
Ketiga dimensi etnomusikologi dalam lagu No Woman No Cry di atas,
menghasilkan empat nilai yang relevan bagi perbaikan bagi persepsi masyarakat
Indonesia terhadap musik reggae, yakni (1) musik reggae sebagai hasil ekspresi
masyarakat untuk mempertahankan tradisi, (2) musik reggae sebagai musik
perlawanan terhadap marginalisasi dan ketidakadilan, (3) musik reggae sebagai
musik perdamaian, dan (4) musik reggae sebagai penghibur.