DETAIL DOCUMENT
engaruh Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi kasus pada Malang Strudel cabang Semeru di kota Malang)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Nugraha, Sevi
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:47:11 
Abstract :
ABSTRAK Kata Kunci : Endorser, Iklan, Selebriti, TEARS, Minat Beli. Saat ini penggunaan selebriti sebagai endorser banyak diminati oleh produsen karena pesan yang disampaikan oleh sumber yang menarik, seperti selebriti yang sedang populer akan mendapat perhatian yang lebih besar dan mudah diingat, tidak terkecuali di kota Malang yang semakin menjamur usaha atau bisnis kuliner yang memanfaatkan nama selebriti dalam menjalankan usahanya, salahsatunya adalah Malang Strudel yang menggunakan Teuku Wisnu sebagai Celebrity Endorser, dimana aspek TEARS Trustworthiness (dapat dipercaya),Expertise (keterampilan), Attractiveness (daya tarik), Respect (kualitas dihargai), dan Similarity (kesamaan dengan audience yang dituju) telah sepadan dengan karakter Teuku Wisnu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dimana pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka, dan untuk jenis penelitian menggunakan jenis Explanatory Research dimana penelitian secara obeservasi nilai-nilai dari dua atau lebih variabel dan menentukan apakah terdapat hubungan di antara mereka serta dapat diketahui melalui survei literatur. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Malang Strudel. Sampel yang diambil sebanyak 85 orang responden yang merupakan pengunjung Malang Strudel Jalan Semeru No. 47 Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Store Intercept, yaitu langsung menemui responden yang sedang berbelanja di gerai Malang Strudel cabang Semeru. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Lainier berganda, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil Uji partial t dari tiap variable diperoleh Trustworthiness nilai 0,000 berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai < 0,05 dan nilai t-hitung (5,143) > t-tabel (1,6629), Expertise nilai 0,029 berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai < 0,05 dan nilai t-hitung (2,223) > ttabel (1,6629), Attractiveness nilai 0,041 berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai < 0,05 dan nilai t-hitung (2,073) > t-tabel (1,6629), Respect nilai 0,000 berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai < 0,05 dan nilai thitung (9,533) > ttabel (1,6629), dan Similarity nilai 0,000 berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai < 0,05 dan nilai t-hitung (5,048) > t-tabel (1,6629). Hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Celebrity Endorser yang terdiri dari variabel Trustworthiness (X1), Expertise (X2), Attractiveness (X3), Respect (X4), dan Similarity (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Minat Beli Konsumen (Y). Variabel paling dominan yang mempengaruhi Minat Beli Konsumen adalah variable Respect. Analisis yang diperoleh hasil R 2 (koefisien determinasi) sebesar 0,975. Artinya bahwa 97,5% variabel Minat beli akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Trustworthiness (X1), Expertise (X2), Attractiveness (X3), Respect (X4), dan Similarity (X5). Sedangkan sisanya 2,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini seperti faktor selera, kualitas, harga, dan lain sebagainya. ABSTRAC Keywords: Endorser, Advertisement, Celebrity, TEARS, Purchase Interest. Currently, the use of celebrities as an endorser is in great demand by producers, due to the messages delivered by interesting sources, in this case, such as celebrities who are popular will get greater attention and are easy to remember. Without an exception in the city of Malang, where businesses are increasingly proliferating by utilizing the name of celebrity in running its business, especially in culinary businesses, one of which is Malang Strudel, uses Teuku Wisnu as Celebrity Endorser where the aspects of TEARS Trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect, and Similarity are commensurate with Teuku Wisnu's character. The research was classified as quantitative research, where the measurement of quantitative data and objective statistics through scientific calculations comes from samples that were asked to answer a number of questions about the survey to determine the frequency and percentage of their responses, and for the type of research was classified as Explanatory Research type, where the research was conducted by preserving the values of two or more variables and determining whether there was any relationship between them, and can be known through a literature survey. The population in this study was the visitors of Malang Strudel. The samples taken were 85 respondents who were the visitors of Malang Strudel in Jalan Semeru No. 47 Malang. The sampling technique used was Store Intercept, which was directly met w 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang