DETAIL DOCUMENT
EVALUASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI (Studi Pada Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama (BAKPIK) Universitas Negeri Malang)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Budipurwanto, Budipurwanto
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:49:32 
Abstract :
Ringkasan : Kebijakan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada bidang layanan administrasi akademik di perguruan tinggi menjadi suatu kebutuhan, bukan hanya sekedar prestise atau lifestyle manajemen pendidikan tinggi modern. Namun dalam implementasinya, banyak kendala yang ditemui perguruan tinggi dalam menerapkan TIK dalam proses pengelolaan kelembagaan ini baik faktor teknis maupun non teknis. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan citra publik lembaga pendidikan tinggi akan bermuara pada meningkatnya kinerja lembaga pendidikan tinggi dan kualitas produk. Kebijakan ini akan bermakna manakala dikaitkan dengan upaya pemenuhan layanan manajemen lembaga pendidikan yang bermutu, program pengajaran yang bermutu, fasilitas pendidikan yang bermutu, dan staf pendidikan yang bermutu pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan sistem informasi pelayanan administrasi Pada Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif bertujuan mengamati, mengetahui, mengamati fenomena sosial dalam suatu setting, serta mengembangkan konsep dalam mengatasi suatu permasalahan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara (tanyajawab) yang didukung oleh narasumber sesuai kebutuhan penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman (2014) yang terdiri dari data collection, data display, data reduction dan conclusions ; drawing/verifying. Kebijakan pelayanan administrasi berbasis teknologi informasi pada BAKPIK UM Malang sudah dilaksanakan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan, disusun berdasarkan model input terhadap urusan ketatausahaan umum, urusan tersebut dan lainnya didasarkan pada pertimbangan Pelaksanaan administrasi, pengendalian dan pengelolaan kearsipan, pembinaan dan penyelenggaraan administrasi, dan pelaksanaan tugas-tugas administrasi akademik. Saran dan prasarana yang dimiliki, kemampuan sumber daya manusia (operator) dan tenaga administrasi masih perlu mendapatkan perhatian karena sangat memberikan kontribusi pada kelancaran tugas masing-masing bagian. Mencapai tujuan layanan yang berkualitas maka diperlukan pengawasan dan koordinasi yang lebih baik anatara bidang agar pengolahan data dapat berjalan dengan lancar. Kata kunci : Evaluasi, Kebijakan, Pengelolaan Sistem Informasi, Kualitas Pelayanan Administrasi 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang