DETAIL DOCUMENT
KEPUASAN MAHASISWA PADA KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK DITINJAU DARI ASPEK DIMENSI LAYANAN (Studi Pada Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang)
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Muhammad Arif Rahman, Rahman
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:51:37 
Abstract :
Ringkasan : Layanan yang diberikan perguruan tinggi harus berkualitas agar mendapatkan kepercayaan masyarakat atau publik. Ini berarti setidaknya perguruan tinggi harus memiliki kriteria dan standar pelayanan atau melakukan pengukuran layanan kepada para pelanggan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikannya. Layanan akademik di MIPA Universitas Brawijaya Malang dilakukan oleh subbag pendididkan. Berkaitan dengan fungsinya yang selalu berhubungan dengan mahasiswa, maka layanan akademik dianggap merupakan salah satu pendukung terwujudnya pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan pelayanan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan subbag Akademik Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang ditinjau dari aspek dimensi layanan. Penelitian ini menggunakan jenis pelitian deskriptif, yaitu mendeskripsikan hubungan antar fenomena yang diselidiki tanpa melalui pengujian hipotesa. Data dikumpulkan menggunakan daftar pertanyaan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kualitas layanan Akademik Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Malang yang diberikan dipandang dari aspek Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty secara umum memiliki aspek ?cukup puas? yang mana lebih dari 50% mahasiswa menyatakan ?setuju?. Kualitas layanan juga demikian secara umum memiliki aspek ?cukup puas? yang mana lebih dari 50% mahasiswa menyatakan ?setuju?. Mewujudkan layanan prima atau ?excellence service? merupakan suatu pelayanan terbaik, melebihi, melampaui, mengungguli pelayanan yang diberikan pihak lain atau daripada pelayanan waktu yang lalu. Secara sederhana, pelayanan prima (excellent service) adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Pelayanan yang memenuhi standar kualitas adalah suatu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan. Kata kunci : Kepuasan, Kualitas layanan, Dimensi Pelayanan (Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty) 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang