DETAIL DOCUMENT
KUALITAS LAYANAN KESEHATAN BAGI ANGGOTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN KESEHATAN ( Studi Pada Puskesmas Junrejo Kota Batu )
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Aries Rayanald Hardy Nur I, Aries
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:52:08 
Abstract :
Ringkasan : Kesehatan salah satu unsur kesejahteraan manusia perlu diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia sebagaimana dimaksud dalam UUD 1945 Pasal 28 H (amandemen kedua) menyatakan bahwa: ?Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagaimana manusia yang bermartabat?, dan Pasal 34 ? ayat 2 (amandemen keempat), bahwa: Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk anggota badan penyelenggara jaminan kesehatan dan kualitas pelayanan kesehatan anggota badan penyelenggara jaminan kesehatan di Puskesmas Junrejo Kota Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, fokus yang diteliti yaitu ; Prosedur Layanan Kesehatan Anggota BPJS, Transparan Layanan Kesehatan Anggota BPJS dan Kualitas Layanan Kesehatan Anggota BPJS. Hasil penelitian membuktikan penyelenggaraan pelayanan kesehatan di Puskesmas Junrejo Kota Batu apabila dikaji dari aspek prosedur layanan kesehatan tidak ada perbedaan antara anggota BPJS dengan pasien umum. Transparan layanan kesehatan anggota BPJS di puskesmas Junrejo Batu yang sudah cukup baik, aspek transparan tetap dilaksanakan bagi pasien anggota BPJS. Namuan sayangnya ada pasien anggota BPJS yang tidak mau bertanya atau mungkin sungkan atau malu dan sebagainya untuk menanyakan hak-haknya sebagai anggota BPJS dalam layanan kesehatan di puskesmas ini. Sehingga untuk aspek transparansi terhadap layanan yang diberikan oleh Puskesmas Junrejo Batu tidak berbeda dengan pasien umum yang bukan anggota BPJS. Kualitas Layanan Kesehatan Anggota BPJS Seluruh anggota (tenaga administrasi, tenaga perawat, tenaga medis / dokter, tenaga laboratorium dan lainnya) yang ada di Puskesmas Junrejo Batu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang cukup baik kepada seluruh masyarakat sesuai standar pelayanan yang ada di puskemas. Permasalahan terkait layanan kesehatan di Puskesmas Junrejo Batu, terkait banyaknya jumlah masyarakat (anggota BPJS maupun bukan BPJS) yang berobat setiap hari ke puskesmas sehingga perbandingan antara tenaga yang memberikan layanan dengan yang dilayani belum memadai Kata kunci : Kualitas layanan, Kesehatan, Anggota, Badan, Penyelenggara Jaminan Kesehatan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang