DETAIL DOCUMENT
PROSES PENGEMBALIAN DOKUMEN REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP PADA BAGIAN ASEMBLING RSUD dr . R. SOEDARSONO KOTA PASURUAN.
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Elisabeth Trisna Soge, Elisabeth
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 02:59:37 
Abstract :
ABSTRAK Rumah sakit sebagai instansi pelayanan kesehatan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan dapat meningkatkan derajat keehatan masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan administrasi rumah sakit adalah pelayanan rekam medis. Pelayanan rekam medis yang berhubungan langsung dengan pasien adalah pelayanan di bagian pendaftaran pasien rawat jalan, pendaftaran rawat inap dan pendaftaran gawat darurat. Pelayanan rekam medis di bagian pendaftaran pasien dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang prima dan cepat kepada pasien.Tujuan penelitian:Bagaimanakah proses pengembalian dokumen rekam medis pasien rawat inap pada bagian assembling di RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan. Apakah faktor-faktor penghambat dan pendukung proses pengembalian dokumen rekam medis pasien rawat inap pada bagian assembling di RSUD dr. R Soedarsono Kota Pasuruan.Jenis penelitian ini adalah deskritif dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskritif yaitu menuangkan gambaran tentang apa yang dilihat pada waktu observasi dan ,membandingkan dengan teori yang didapat sewaktu peneliti. Metode pengumpulan data hanya dilakukan melalui pengamatan dan wawancara.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kurangnya jumlah SDM (petugas ruangan rawat inap), kurangya kerjasama antara tenaga profesi (dokter, perawat,gizi dan apoteker), penumpukan dokumen rekam medis diruang rawat inap, kurangnya tenaga rekam medis khususnya bagian asembling.Berdasarkan penelitian ini maka disarankan (1). Perlu adanya penambahan petugas ruangan, agar segala macam pekerjaan dapat teratasi dengan baik, (2). Perlu adanya kerjasama yang baik antara tenaga profesi dalam pengisian kelengkapan dan pengembalian DRM, (3). Mengingatkan petugas ruangan untuk mengembalikan DRM setelah pasien pulang dalam waktu 2x24 jam, (4). Perlu penambahan petugas rekam medis khususnya di bagian asembling. Kata Kunci: Pengembalian, Dokumen Rekam Medis, Pasien Rawat Inap, Asembling ABSTRAC Hospitals as health care agencies have the responsibility and responsibility to provide quality health care and can improve the overall degree of public health. One form of hospital administration is medical record service. Medical records that have direct contact with patients are the services of outpatient registration, hospitalization and emergency enrollment departments. Medical records services in the patient registration department are required to provide maximum and prompt care to the patient.Research purposes: how does the repayment of hospital hospital medical records in the investigation department at Dr. R. soedarsono in pasuruan city. What are these constraining factors and contributing to the reprocessing of hospital patient medical records in development at rsud Dr. R soedarsono in the city of pasuruan.This kind of research is a deskritif with a qualitative approach. A type of study of deskritif is that of putting down images of what is seen during observation and, comparing this theory with that of researchers. The method of data collection is observations and interviews.Based on studies it can be concluded that the lack of human resources (hospital admit workers), the lack of cooperation between health-care workers (doctors, nurses, nutrition and pharmacist), the buildup of medical records in the hospital hospital, the lack of medical records and especially the asembling part.Based on this study it is recommended (1). An increase in the housekeeping staff, for all jobs to be done properly, (2). Need a good partnership between the professorship and the return of the DRM, (3). Remind the room staff to return the DRM after the patient comes home within 2 hours, (4). Keyword: return, medical records, inpatient, asembling 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang