DETAIL DOCUMENT
PENGETAHUAN PESERTA BPJS TERHADAP PROSEDUR RAWAT JALAN DI RSU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Yuni Tri Astuti, Astuti
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:54:25 
Abstract :
ABSTRAK Pengetahuan peserta BPJS terhadap prosedur pelayanan rawat jalan Rumah Sakit Universitas Muhammmadiyah Malang.penelitian dilakukan di RSU Universitas Muhammadiyah Malang selam 5 hari dengan sampel 50 pasien BPJS. BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang merupakan program pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat, pada awalnya BPJS Kesehatan masih bernama ASKES (Asuransi Kesehatan). Namun pada tanggal 31 Desember 2013 lembaga ini mulai berganti nama menjadi BPJS. BPJS merupakan salah satu program dalam Sistem Jaminan Sosial (SJSN) yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua ,Jaminan Pensiunan, dan Jaminan Kematian,keuntungan dari mengikuti program BPJS itu sendiri tentu dari pembiayaan jauh lebih murah disbanding mandiri, namun dalam perjalananya masih ada masyarakat yang belum mengerti tentang prosedur peserta BPJS, sehingga menghambat pelayanan yang ada di instalasi rawat jalan,dalam hal ini peneliti mengambil judul ini karena ingin mengetahui tingkat pengetahuan peserta tentang prosedur yang ada di instalasi rawat jalan rumah sakit Universitas Muhammadiyah Malang, Jenis penelitian yang peneliti ambil deskriptif yaitu suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia atau suatu objek,suatu kondisi,suatu pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang, dengan pendekatan kuantitatif dengan skala berjenjang (skala likert), Dari hasil penelitian ini menunjukan dari tingkat pengetahuan peserta bpjs sebanyak 72% pasien BPJS sudah memahami prosedur yang ada di instalasi rawat jalan RSU Universitas Muhammadiyah Malang tetapi ada sekitar 16% pasien belum mengerti tentang prosedur yang ada di instalasi rawat jalan terutama untuk pasien lansia diatas 50 tahun, penulis menyarankan lebih mengintensifkan lagi sosialisai tentang prosedur pasien BPJS. . Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan Peserta BPJS Terhadap prosedur Rawat Jalan 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang