DETAIL DOCUMENT
FAKTOR – FAKTOR YANG MENYEBABKAN KLAIM PENDING PASIEN BPJS DI RSUD KOTA MALANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Bernadus Boliaman Ladopurab, Boliaman
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 06:08:19 
Abstract :
ABSTRAK Permasalahan utama bagi instansi RS serta terjadinya miss komunikasi antar pihak BPJS dan RS menyebabkan terjadinya klaim pending pasien BPJS.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi klaim pending pasien BPJS dan penanganan masalah klaim pending pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Cara pengumpulan data dengan menggunakan pendekatan observasi, dokumentasi, dan wawancara (interview guide). Teknik pengolahan data meliputi Pengumpulan data, pemeriksaan kembali data, meneliti dan mencatat supaya dapat mengetahui ketidaksesuaian dengan objek yang diteliti, tabulasi atau memindahkan data dalam bentuk tabel sehingga memudakan dalam pengolahannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa klaim pending pasien BPJS di RSUD Kota Malang yang dipending selama tahun 2018 (januari-desember) berjumlah 38 berkas. Dari 38 berkas yang dipending tersebut ada beberapa berkas yang mempunyai tingkat kesalahan lebih dari dua jenis. Klaim pending berkas BPJS di RSUD Kota Malang meliputi administrasi yang kurang lengkap berjumlah 9 berkas, kesalahan dalam penegakan diagnosis berjumlah 8 berkas, tidak adanya penatalaksanaan berjumlah 19 berkas, ketidakepatan kodefikasi berjumlah 7 berkas, tidak ada lampiran operasi berjumlah 4 berkas, ketidakjelasan indikasi pasien MRS berjumlah 7 berkas, penatalaksanaan spesifik yang tidak sesuai kode berjumlah 7 berkas, dan bukti penunjang medis berjumlah 7 berkas. Tata cara penanganan berkas klaim pending pasien BPJS di RSUD Kota Malang sejauh ini hanya mengikuti penyebab berkas yang dipending oleh pihak BPJS. Kata Kunci : klaim pending, BPJS, Rekam Medis, Rumah sakit ABSTRACT The main problems for hospital institutions as well as the occurrence of miss communication between BPJS and RS cause BPJS patient pending claims. The purpose of this research is to find out the factors that influence BPJS pending patient claims and handling BPJS patient pending claims problem at City Regional General Hospital Poor. The research method used is descriptive qualitative. How to collect data using the approach of observation, documentation, and interviews (interview guide). Data processing techniques include collecting data, reexamining data, researching and recording in order to find out the incompatibility with the object under study, tabulating or moving data in tabular form so that it is easy to process. The results showed that the pending claims of BPJS patients in Malang City Hospital that were traded during 2018 (January-December) totaled 38 files. Of the 38 files that were pending there were several files that had an error rate of more than two types. Claims pending BPJS files in Malang City Hospital include incomplete administration of 9 files, errors in diagnosis making 8 files, no management of 19 files, codefication inaccuracy of 7 files, no attachment of operations of 4 files, unclear indication of MRS patients 7 files, specific management that does not fit the code, 7 files, and medical supporting evidence 7 files. The procedure for handling BPJS patient pending claim file in Malang City Hospital so far only follows the cause of the file that was pended by the BPJS. Keywords : pending claims, BPJS, Medical Records, Hospital 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang