DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PERBANDINGAN WAKTU TUNGGU PASIEN UMUM DAN PASIEN BPJS DI TEMPAT PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN RSU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Lina Damawiyah, Lina
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:01:07 
Abstract :
ABSTRAK Kesehatan merupakan suatu kebutuhan dasar bagi setiap orang karena setiap aspek kehidupan selalu berhubungan dengan kesehatan. Rumah sakit merupakan sarana pelayanan kesehatan, tempat pencegahan dan penyembuhan penyakit, serta pemeliharaan, peningkatan dan pemulihan kesehatan secara paripurna. Sebagai salah satu institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan maka rumah sakit dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan guna meningkatkan derajat kesehatan setinggi-tingginya. Salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan adalah dengan memperhatikan tertib administrasi yang dalam hal ini adalah penyelenggaraan rekam medis. Tempat Pendaftran Pasien adalah suatu sarana di fasilitas kesehatan, baik di rumah sakit, klini, atau puskesmas yang digunakan untuk menggali informasi dari pasien. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghitung perbandingan waktu tunggu pasien umum dan pasien BPJS di tempat pendaftaran pasien rawat jalan, untuk mengetahui kendala dalam melayani pasien umum dan pasien BPJS di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSU Universitas Muhammadiyah Malang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan langsung (observasi) dengan mengambil sampel 100 pasien yaitu pasien umum 50 pasien dan pasien BPJS 50 pasien. Sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Waktu tunggu pasien umum dan pasien BPJS di tempat pendaftaran pasien rawat jalan Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang waktu tunggu pasien BPJS lebih lama yaitu 52 menit 2 detik dibandingkan waktu tunggu pasien umum selama 41 menit 22 detik Kata Kunci : Waktu Tunggu, Pasien Umum, pasien BPJS ABSTRACT Health is a basic need for everyone because every aspect of life is always related to health. The hospital is a means of health services, a place of prevention and cure of diseases, as well as maintenance, improvement and recovery of health as a whole. As one of the institutions that conduct health services, the hospital is required to improve the quality of health services provided in order to improve the highest health status. One of the efforts to improve the quality of health services is to pay attention to administrative order, in this case the administration of medical records. Patient Registration Place is a facility in a health facility, whether in a hospital, clinic, or community health center that is used to gather information from patients. Therefore this study aims to calculate the comparison of waiting time for general patients and BPJS patients at the outpatient registration place, to determine the obstacles in serving general patients and BPJS patients at the Outpatient Registration Place at the University of Muhammadiyah Hospital, Malang. This type of research uses descriptive research with a qualitative approach. Data collection method used in this study is direct observation (observation) by taking a sample of 100 patients, 50 general patients and 50 BPJS patients. While the data analysis is done by descriptive analysis. The results of this study indicate that the waiting time for general patients and BPJS patients at the Outpatient Registration Place at the University of Muhammadiyah University Hospital Malang, the waiting time for BPJS patients is longer, 52 minutes 2 seconds compared to the general patient waiting time for 41 minutes 22 seconds Keywords : Waiting Time, General Patients, BPJS patients 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang