DETAIL DOCUMENT
Jurnal Analisa Pengembalian Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Pada Ruang Filing di RSUD Kanjuruhan Kabupaten Malang
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang
Author
Maria Lediana Abdon, Lediana
Subject
 
Datestamp
2022-09-02 03:02:13 
Abstract :
ABSTRAK Rumah Sakit sebagai instalasi pelayanan kesehatan memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberi pelayanan kesehatan masyarakat. Salah satu bentuk pelayanan administrasi rumah sakit adalah pelayanan rekam medis. Rekam medis adalah berkas yang birisi catatan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lainnya, Pelayanan rekam medis yang berhubungan lansung dengan pasien adalah pelayanan di bagian pendaftaran rawat jalan, pendaftaran rawat inap, dan pendaftaran rawat darurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pengembalian berkas rekam medis rawat jalan, mengidentifikasi lama waktu yang diperlukan dalam pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan pada ruang filing, dan mengetahui faktorfaktor yang menghambat pengembalian dokumen rekam medis rawat jalan pada ruang filing. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian deskriptif adalah untuk membuat gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifar-sifat serta hubungan antar fenomena yang diteliti. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi/pengamatan, interview/wawancara dan dokumentation/dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa standar pelayanan minimal rumah sakit, khususnya pelayanan rekam medis dalam pengambilan dokumen rekam medis rawat jalan pada ruang filing membutuhkan waktu 1x24 jam sampai berkas rekam medis tiba di unit penyimpanan dan faktor-faktor yang menghambat pengembalian dokumen rekam medis tersebut, antara lain: kurang petugas di bagian pengembalian, adanya dokumen yang salah letak atau misfile dan dokumen yang belum ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan untuk meningkatkan mutu tenaga rekam medis dibagian pengembalian dokumen rekam medis dengan melakukan pelatihan-pelatihan kepada petugas dan sebaiknya diperlukan penambahan petugas rekam medis di bagian pengembalian DRM guna meningkatkan kecepatan dalam pemberian pelayanan kepada pasien. Kata kunci : Analisa, Dokumen Rekam Medis, Rawat Jalan, Ruang Filing ABSTRACT Hospital as health care installations have a duty and responsibility to provide the Ministry of public health. One form of administrative service is a service of the hospital medical record. The medical record is the file that records about the identity document birisi patients, examination, treatment, action and other services, medical record Services that deal directly with patients is a Ministry at the outpatient registration, the registration of inpatient, outpatient and emergency. The purpose of this research is to know the description of the process of return outpatient medical record file, identifies the length of time required in return the document outpatient medical record on filing, and aware of the factors that hamper repayment outpatient medical record documents on filing space. Type of this research is a descriptive qualitative approach. Descriptive research method is to create a picture or painting The paintings are systematic, factual and accurate regarding facts, zero-traits and relationships among the phenomena studied. The method of collecting the data is observation/observation, interview/interview and documentation/documentation. Based on the results of research can be concluded that the minimum service standards of the hospital, especially the medical record service in the retrieval of an outpatient medical record in the filing room takes 1x24 hours hours until the medical record file arrives in the unit Storage and factors that inhibit the return of such medical record documents, among others: lack of officers in the return section, the existence of misplaced documents or undiscovered documents. Based on the results of this research, it is advisable to improve the quality of medical records in the return of medical record documents by conducting training to officers and should be required the addition of medical record officers in the DRM returns for Improve the speed in providing services to patients. Keywords: analysis, medical record documents, outpatient, Filing room 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Malang