Abstract :
Store atmosphere pada dasarnya merupakan upaya untuk mempengaruhi keadaan
emosi seorang konsumen yang akan menyebabkan meningkatnya atau
menurunnya pembelian, sehingga memberikan dukungan dalam upaya
peningkatan hasil penjualan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis
kondisi store asmosphere dan untuk menganalisis upaya untuk meningkatkan
penjualan melalui analisis store asmosphere. Penelitian ini mengggunakan
metodologi kualitatif dan deskriptif dalam bentuk studi kasus. Analisis data dalam
penelitian kualitatif yaitu meliputi Data Condensation, Data Display, dan
Conclusion Drawing/Verifications. Hasil penelitian menunjukkan kondisi store
asmosphere pada bagian bagian luar toko belum sepenuhnya sesuai dengan
harapan konsumen. Kondisi fasilitas parkir yang disedaikan pemilik belum
memenuhi atau mencukupi jumlah kendaraan konsumen yang datang. Kondisi
general interior telah sesuai dengan harapan konsumen terkait dengan kondisi
pencahayaan dan suhu dalam ruangan tempat transaksi. Upaya untuk
meningkatkan penjualan melalui analisis store asmosphere dapat diketahui bahwa
pemilik harus dilakukan dengan lebih baik dan selalu melakukan evaluasi
sehingga kebijakan mengenai store asmosphere benar-benar mendukung upaya
untuk memaksimalkan penjualan.