Abstract :
Pada era seperti sekarang ini, peran internet banking cukup penting bagi
perbankan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik (prima) kepada nasabah.
Memanfaatkan kemajuan teknologi serta adanya jaringan internet, teknologi
internet banking akan memudahkan transaksi nasabah secara online melalui
laptop, smartphone/gadget tanpa harus dating langsung ke bank terkait. PIB UOB
merupakan salah satu layanan internet banking milik Bank UOB berbasis web
application. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas
layanan internet banking terhadap kepuasan nasabah di Bank UOB cabang Sutan
Syahrir Malang. Kualitas layanan yang akan dijadikan variabel bebas terdiri dari
variabel Tangible (X1), variabel Realibility (X2), variabel Responsiveness (X3),
variabel Assurance (X4) dan variabel Emphaty (X5), sedangkan variabel terikat
adalah kepuasan nasabah (Y).
Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Probability
sampling. Dimana populasi yang digunakan adalah nasabah Bank UOB cabang
Sutan Syahrir Malang sebanyak 1.050, sehingga dengan menggunakan rumus
slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 91 nasabah. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif, jenis data yang digunakan pada penelitian ini berupa
data primer berasal dari jawaban kuesioner responden. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda,
uji simultan (F), uji koefisien determinasi dan uji parsial (t).
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara
Simultan (F), kualitas layanan internet banking berpengaruh signifikan dan
bersifat positif terhadap kepuasan. Sedangkan secara Parsial (t), hanya variabel
Tangible (X1) dan Assurance (X4) yang berpengaruh secara positif terhadap
kepuasan nasabah. Variabel Realibility (X2), Responsiveness (X3) dan Emphaty
(X5) tidak berpengaruh signifikan.