DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KUALITAS LAYANAN INTERNET BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK UOB CABANG SUTAN SYAHRIR MALANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
PUTRI, RIZKY AKBARRINA
Subject
Kualitas Layanan 
Datestamp
2021-04-06 01:54:29 
Abstract :
Pada era seperti sekarang ini, peran internet banking cukup penting bagi perbankan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik (prima) kepada nasabah. Memanfaatkan kemajuan teknologi serta adanya jaringan internet, teknologi internet banking akan memudahkan transaksi nasabah secara online melalui laptop, smartphone/gadget tanpa harus dating langsung ke bank terkait. PIB UOB merupakan salah satu layanan internet banking milik Bank UOB berbasis web application. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan internet banking terhadap kepuasan nasabah di Bank UOB cabang Sutan Syahrir Malang. Kualitas layanan yang akan dijadikan variabel bebas terdiri dari variabel Tangible (X1), variabel Realibility (X2), variabel Responsiveness (X3), variabel Assurance (X4) dan variabel Emphaty (X5), sedangkan variabel terikat adalah kepuasan nasabah (Y). Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Probability sampling. Dimana populasi yang digunakan adalah nasabah Bank UOB cabang Sutan Syahrir Malang sebanyak 1.050, sehingga dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 91 nasabah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, jenis data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer berasal dari jawaban kuesioner responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji simultan (F), uji koefisien determinasi dan uji parsial (t). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara Simultan (F), kualitas layanan internet banking berpengaruh signifikan dan bersifat positif terhadap kepuasan. Sedangkan secara Parsial (t), hanya variabel Tangible (X1) dan Assurance (X4) yang berpengaruh secara positif terhadap kepuasan nasabah. Variabel Realibility (X2), Responsiveness (X3) dan Emphaty (X5) tidak berpengaruh signifikan. 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara