Abstract :
Perkembangan dunia bisnis kini semakin dinamis seiring dengan semakin
meningkatnya permintaan masyarakat terhadap produk dan jasa yang dijual untuk
memenuhi segala kebutuhannya. Demi menjaga kelangsungan usaha di tengahtengah
persaingan bisnis yang sangat kompetitif. Selain itu dunia usaha yang
semakin maju lewat sosial media akan menyebabkan peran pemasaran sangat
penting dalam menunjang kemajuan usaha.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, dan untuk menjelaskan
pengaruh kalitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan,
serta untuk menjelaskan kepuasaan pelanggan memediasi hubungan antara
kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di Ricebowl
Trenggalek. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 97
orang responden dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data
menggunakan analisis jalur (path analysis) menggunakan aplikasi SPSS ver.21.
Hasil penelitian membuktikan kualitas produk dan kualitas layanan
berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan Ricebowl Trenggalek.
Kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh langsung terhadap loyalitas
pelanggan Ricebowl Trenggalek, dan hasil penelitian membuktikan bahwa
terdapat pengaruh tidak langsung kualitas produk dan kualitas layanan terhadap
loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Ricebowl Trenggalek.