Abstract :
Pada zaman modern saat ini, teknologi sudah sangat canggih dan telah
menciptakan era digital yang menyebabkan manusia menjadi ketergantungan
terhadap teknologi, salah satunya yaitu dalam penggunakan internet. Dengan
semakin banyaknya pengguna internet, para pebisnis dapat memanfaatkan social
media seperti Instagram dan Youtube untuk memasarkan produk atau jasanya.
Selain strategi digital marketing yang dilakukan melalui social media, kualitas
pelayanan juga perlu diperhatikan oleh perusahaan maupun pebisnis dalam menarik
minat konsumennya.
Secara Umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari
social media marketing dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian
konsumen TRIPLAY.ID. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode
kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form
kepada 100 responden, dimana responden tersebut adalah pelanggan dari online
shop TRIPLAY.ID. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda.
Hasil penelitian menunjukkan dalam uji F regresi yang dilakukan ditemukan
bahwa variabel yang meliputi social media marketing dan kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen secara simultan. Sedangkan
dari hasil uji T yang dilakukan, variabel social media marketing berpengaruh secara
parsial terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel kualitas pelayanan
berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen.