Abstract :
Terjadinya peningkatan persaingan usaha menjadikan perusahaan
dituntut untuk selalu tanggap dan jeli dalam perkembangan yang
terjadi selama ini dan perusahaan harus mampu menghadapi
tantangan perilaku para konsumen, daya beli, maupun perubahan
selera konsumen yang terjadi. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran dan kualitas
pelayanan secara parsial dan simultan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui
variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan
pelanggan sirtu pada pertambangan PT Teja Sekawan Abadi.
Penelitian ini adalah explanatory research (penelitianpenjelasan)
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitianini adalah
konsumen yang melakukan pembelian sirtupa dapertambangan PT
Teja Sekawan Abadi dan teknik pengambilan sampel adalah
judgmental sampling dan ditetapkan jumlah sampel sebanyak 100
responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan
strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara parsial dan
simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan
pelanggan sirtu pada pertambangan PT Teja Sekawan Abadi.
Strategi pemasaran memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan
pelanggan sirtu pada pertambangan PT Teja Sekawan Abadi.