Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa besar minat siswa saat ini untuk
bergabung dengan STIE Malangkuçeçwara ( ABM ) dengan melihat bagaimanakah
perilaku siswa terhadap ABM serta mengevaluasi bagaimanakah penilaian siswa
terhadap kinerja bauran pemasaran di STIE Malangkuçeçwara ( ABM ). Penelitian
ini dilakukan terhadap siswa SMA/SMK di Kota Malang dengan mengambil
sebanyak 120 sample didalamnya. Penelitian ini menggunakan 5 variabel, yaitu
Perilaku Internal Siswa, Perilaku Eksternal Siswa, dan Perilaku Situasional Siswa
sebagai variabel independen. Lalu terdapat minat siswa sebagai variabel dependen
dan Bauran Pemasaran sebagai mediasi atau variabel intervening.
Hasil pengujian path coefficient penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku
internal siswa berpegaruh positif dan signifikan terhadap minat siswa dan bauran
pemasaran. Perilaku eksternal siswa berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan
terhadap minat siswa namun memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
bauran pemasaran. Sementara itu, perilaku situasional memiliki pengaruh yang
positif namun tidak signifikan terhadap minat siswa serta kinerja bauran pemasaran.
Selain itu ternyata kinerja bauran pemasaran STIE Malangkuçeçwara ( ABM )
dapat mempengaruhi. Hasil pengujian Specific Indirect Effects
menunjukkan bahwa bauran pemasaran dapat memediasi hubungan Perilaku
Internal dan Perilaku Eksternal Siswa terhadap minat siswa, sementara hubungan
antara Perilaku Situasional dengan Minat siswa tidak dapat dimediasi oleh bauran
pemasaran.