PENGARUH PENGUNGKAPAN COORPORATE SOCIAL
RESPONSIBILITY (CSR) DAN PROFITABILITAS TERHADAP
NILAI PERUSAHAAN
(Studi pada perusahaan sub sektor pertambangan yang terdaftar
di BEI periode 2015-2017) Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
Author
Borneo, Daniel Fazradiabella
Subject
Coorporate Social Responsibility
Datestamp
2021-01-06 03:23:23
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan Coorporate
Social Responsibility (CSR) dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Variabel
dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan dengan menggunakan
Tobin?s Q. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Coorporate Social
Responsibility (CSR) dengan menggunakan CSRD dan Profitabilitas dengan
menggunakan ROE. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan
sektor pertambangan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015-
2017. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive
sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 39 dari 13 perusahaan. Data
yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least
Square) melalui software SmartPLS versi 3.0.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Coorporate Social
responsibility (CSR) berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan Profitabilitas
berpengaruh tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan.
Kata Kunci: Kinerja Keuangan,Corporate Social Responsibility, Nilai
Perusahaan, Partial Least Square (PLS)